nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapan Waktu yang Tepat Orangtua Berikan MPASI pada Anak?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 29 Mei 2019 16:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 29 481 2061789 kapan-waktu-yang-tepat-orangtua-berikan-mpasi-pada-anak-wAIBCuv5sB.jpg Kapan waktu yang tepat untuk beri MPASI (Foto: Magazine)

SEBAGIAN besar orangtua pastinya sudah familiar dengan istilah Makanan Pendamping Asi (MPASI). Ya, sesuai namanya MPASI berupa asupan makanan padat yang berfungsi untuk membantu memenuhi nutrisi pada anak selain dari Air Susu Ibu (ASI).

Tentunya pemberian MPASI tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Orangtua harus mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh sang anak. Tak hanya itu, orangtua juga wajib mengetahui kapan waktu ideal bagi seorang anak untuk mendapatkan MPASI.

Menjawab hal ini Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastrohepatologi, dr. Frieda Handayani SpA(K) membantu untuk memberikan penjelasan mengenai waktu yang tepat bagi orangtua memberikan MPASI. Hal tersebut ia kemukakan dalam acara Danone, di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (29/5/2019).

 orangtua juga wajib mengetahui kapan waktu ideal bagi seorang anak untuk mendapatkan MPASI.

1. Ketika kepala anak sudah tegak, atau bisa duduk dengan tegak tanpa bantuan. Beberapa bayi ada yang ditidurkan telentang, dan sangat bersemangat untuk duduk.

2. Ketika anak sudah bisa mengangkat kepalanya dan ada reflek melepeh yang dilakukan oleh anak. Kepala cenderung mengarah ketika diberi makanan.

3. Pada usia sekita 4-6 bulan ketika bayi sudah bisa mengatupkan bibir dan mengarahkan makanannya masuk ke dalam mulut.

4. Sudah ada gerakan yang mengarahkan makanan ke lidah depan dan menelan makanan cair tanpa tersedak.

5. Melihat kurva pertumbuhan. Biasanya seorang dokter menyarankan MPASI bisa diberikan di usia 4-5 bulan. Namun dengan ketentuan tertentu.

Yang boleh diberikan hanya berupa bubur sereal halus, aneka buah yang disaring seperti jus alpukat (yang bentuknya seperti itu), pure serealia yang sudah difortifikasi.

Selain itu, dr. Frieda mengatakan bahwa pada usia sekira 6-9 bulan, anak sudah bisa diperkenalkan dengan daging dan sayur. Meski demikian, orangtua harus pandai dalam memilih bahan makanan. Pasalnya, bayi menyukai makanan manis, sehingga sulit untuk diberi makanan lain yang berasa pahit.

“Anak usia 6-9 bulan sudah bisa duduk di high chair, bisa mengunyah, pertama diberi serealia dan daging. WHO mengatakan tidak ada hasil bermakna antara sayuran atau buah yang terlebih dulu diperkenalkan. Tapi bayi itu suka makanan manis, nah sayur yg suka jadi masalah,” tuntas menjelaskan MPASI.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini