nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nikmati Pelayanan Kesehatan Lengkap Posko Mudik Lebaran di 8 Titik Daerah

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 29 Mei 2019 15:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 29 481 2061810 nikmati-pelayanan-kesehatan-lengkap-posko-mudik-lebaran-di-8-titik-daerah-AmAnXWGYBJ.jpg Layanan di Posko Kesehatan Mudik (Foto : Dok.Okezone)

Banyak perantau yang tinggal di kota besar mulai mudik ke kampung halaman pada H-7 Lebaran. Selama di perjalanan, pasti Anda tetap butuh kenyamanan serta mendapat pelayanan kesehatan yang maksimal.

Khusus bagi pemudik, Anda bisa menikmati posko mudik Lebaran yang disediakan oleh pemerintah atau sektor swasta. Salah satunya adalah posko mudik Lebaran yang didirikan oleh BPJS Kesehatan.

Selama tanggal 29 Mei 2019-4 Juni 2019 di 8 titik yang padat pemudik, Anda bisa menikmati pelayanan kesehatan, termausk konsultasi gratis, kegawatdaruratan, obat-obatan, hingga menikmati pijat di kursi relaksasi gratis.

Posko kesehatan tersebut, tersebar di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Rest Area Tol Cikampek Km 57 Karawang, Rest Area Tol Purwakarta Km 88 Purwakarta, Rest Area Tol Ungaran Km 429 Semarang, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali dan Pelabuhan Merak Banten.

Direktur Perencanaan, Pengembangan dan Manajemen Risiko BPJS Kesehatan Mundiharno mengatakan, dari evaluasi penyelenggaraan posko mudik tahun lalu, antusiasme pemudik yang berkunjung dan menikmati pelayanan khusus itu sangat besar. Maka itu, pada Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, BPJS Kesehatan kembali mendirikan posko kesehatan.

"Seluruh pelayanan dan fasilitas ini bisa dinikmati secara gratis, sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkannya,” ucap Mundiharno lewat siaran persnya, Rabu (29/5/2019).

Layanan Posko Kesehatan

Pelayanan kesehatan tersebut dapat Anda rasakan selama 24 jam penuh. Karena ada dua tim tenaga kesehatan yang bertugas secara bergantian.

Di setiap posko kesehatan, terdapat satu orang dokter dan dua orang paramedis. Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar peserta ke rumah sakit apabila diharuskan mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

Sementara itu, selama libur Lebaran Anda bisa berobat gartis menggunakan kartu JKN-KIS di faskes mana saja, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Anda tinggal mendatangi puskesmas, klinik pratama atau dokter praktik perorangan, yang berada di luar daerah. Jika tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan, atau peserta yang membutuhkan pelayanan kesehatan di luar jam operasional FKTP, maka peserta dapat dilayani di IGD Rumah Sakit untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.

“Kami tetap memberi pelayanan kesehatan dimulai dari H-7 hingga H+7 lebaran 1440 H ini. Tujuan kebijakan ini adalah untuk mendukung peserta JKN-KIS saat mudik lebaran. Selama peserta mengikuti prosedur yang sesuai dengan ketentuan, maka peserta akan tetap dijamin dan dilayani dan fasilitas kesehatan dilarang memberlakukan iur biaya,” pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini