nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hantu dari Laut Dalam Terungkap lewat Ekspedisi di Palung Mariana

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 31 Mei 2019 14:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 31 406 2062427 hantu-dari-laut-dalam-terungkap-lewat-ekspedisi-di-palung-mariana-bjGNT0hPh4.jpg Gurita Dumbo Penghuni Palung Mariana (Foto: The Portalist)

LAUTAN menyimpan banyak misteri unik di dalamnya, terutama jika sudah menyangkut hewan laut yang ada di dalamnya. Sebagaimana diketahui, ada sebuah palung laut yang paling dalam di bumi ini, Palung ini bernama Palung Mariana yang terletak di Samudera Pasifik.

Kabarnya palung ini memiliki kedalaman sekira 36.201 kaki dan memiliki tekanan air 1.000 kali lebih besar dari permukaan laut. Selain itu pemandangan di dalam palung tersebut juga terlihat seperti berada di luar planet dengan gambaran yang tidak ramah.

Anda akan berasa seperti alien dengan minimnya sumber cahaya, oksigen, dan makanan yang dipenuhi dengan gas panas yang mengalir dari inti bumi. Tentunya dengan kondisi ekstrim seperti ini, terdapat beberapa penghuni laut yang bentuknya berbeda dengan hewan pada umumnya.

Beberapa jenis hewan laut dalam ini terlihat menyeramkan dan sulit untuk ditemui di tempat lain. Menyadur dari The Portalist, Jumat (31/5/2019), Okezone akan membahas mengenai lima hewan aneh yang mendiami Palung Mariana.

1.The Ghostfish

Pada Desember 2014, ahli biologi dari Inggris merilis rekaman spesies baru hewan laut yang menghuni Palung Mariana. Karena tim 2014 hanya menangkap sekilas digital spesies itu, belum secara resmi diklasifikasikan atau dinamai, jadi untuk saat ini, jenis diberi nama "ghostfish."

Co-penemu spesies Alan Jamieson menggambarkan ikan unik itu, panjangnya sekitar enam inci dengan kepala menyerupai anjing dan tubuhnya mirip dengan selembar kertas tisu basah. Spesies ini juga memiliki sirip panjang seperti sayap.

Ikan Ghostfish di Palung Mariana

2.The Barreleye

Ikan barreleye atau spookfish telah ditemukan di kedalaman Samudra Pasifik, Atlantik, dan India, termasuk di Palung Mariana. Meskipun hanya didokumentasikan secara keseluruhan pada tahun 2004, para peneliti telah mengetahui keberadaan hewan sejak akhir 1930-an.

Ikan ini memiliki kepala transparan berbentuk kubah ikan dengan dua mata berbentuk tabung yang menghadap ke atas, berwarna hijau oleh lapisan cairan yang menyaring cahaya dari atas.

3.Gurita Dumbo

Gurita ini dinamai Dumbo karena memiliki sirip mirip telinga yang menonjol dari bagian atas. Mereka. Ditemukan antara 300 dan 500 meter di bawah permukaan, Dumbo diperkirakan bisa mencapai sekitar 8 hingga 12 inci panjangnya. Konon Dumbo terbesar yang pernah tercatat mencapai 6 kaki 32 inci panjangnya dan sekitar 13 pound.

Dumbo octopus adalah predator yang agak ganas. Mereka menikmati santapan dengan copepoda, isopoda, cacing bulu, dan amphipoda. Tidak seperti kebanyakan gurita, yang merobek dan menghancurkan makanan mereka, gurita Dumbo menelan mangsa secara utuh.

4. Goblin Shark

Hiu Goblin dianggap sebagai fosil hidup, mereka telah menjelajahi palung laut dalam seperti Mariana selama jutaan tahun dan tidak berubah dari sudut pandang evolusi. Makhluk-makhluk ini bergantung pada moncong memanjang dan rata yang berisu banyak sensor yang mampu mendeteks.

Hiu Goblin berburu dengan menyapu moncong mereka bolak-balik di dasar laut. Ketika mereka melihat makanan, rahang mereka benar-benar meluncur ke depan untuk membungkus mangsanya. Hiu goblin terbesar yang didokumentasikan berukuran di atas 3 meter (atau hampir 10 kaki).

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini