nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lahir Sebesar Apel, Bayi Terkecil di Dunia Ini Sanggup Bertahan Hidup

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 31 Mei 2019 21:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 31 481 2062575 lahir-sebesar-apel-bayi-terkecil-di-dunia-ini-sanggup-bertahan-hidup-1phZBTpVtX.jpg Bayi sebesar apel (Foto: Asiaone)

SEBUAH rumah sakit di California mengumumkan kelahiran bayi terkecil di dunia. Uniknya bayi tersebut berhasil bertahan hidup dengan berat di bawah rata-rata, yakni 245 gram. Tentunya dengan berat sebesar itu, bayi ini hanya sebesar apel saat dilahirkan.

Bayi yang lahir selama 23 minggu tiga hari ini dijuluki dengan Saybie oleh para staf rumah sakit. Bayi ini lahir di Rumah Sakit Sharp Mary Bitch. Awalnya para dokter yang menangani hal ini sudah kecewa dengan ukuran janin yang jauh dibawah rata-rata anak pada umumnya. Sang ayah pun diberitahu hanya memiliki sekira satu jam dengan putrinya sebelum ia meninggal.

Namun, prediksi tersebut ternyata salah. Sang bayi justru memiliki kekuatan untuk bertahan melebihi dugaan yang dibuat para ahli medis lainnya. Hal ini pun dibenarkan oleh orang tua sang anak, waktu demi waktu ia menunggu anaknya, dan terbukti ia bisa bertahan hingga saat ini.

"Tapi jam itu berubah menjadi dua jam, kemudian berubah menjadi satu hari, dan berubah menjadi seminggu," kata sang ibu sebagaimana dilansir dari Asia One, Jumat (31/5/2019).

 

Lebih lanjut, dokter mengatakan bahwa bayi kecil tersebut dilahirkan melalui proses caesar karena situasinya sedang darurat. Ia lahir pada Desember 2018 setelah komplikasi kehamilan parah yang membahayakan nyawa sang ibu. Setelah mampu bertahan, anak itu mendapatkan perawatan intensif neonatal di rumah sakit selama hampir lima bulan.

Saybie akhirnya bisa dipulangkan ke rumahnya ketika mencapai bobot 5 kilogram dan dinyatakan lulus dari masa-masa kritis yang bisa saja merenggut nyawa bayi mungil ini.

Salah seorang perawat yang merawat Saybie, Kim Norby, menyatakan bahwa anak tersebut adalah sebuah keajaiban. Ia menunjukkan semangat juangnya untuk bertahan hidup dengan tanda bertuliskan "mungil tapi perkasa" yang dipasang pada boksnya. Hal yang sama pun diutarakan oleh perawat lain bernama Emma Wiest.

Saybie sangat kecil saat lahir sehingga Anda hampir tidak bisa melihatnya di tempat tidur. Saat lahir, dia menimbang sebanyak kotak jus anak dan bisa muat di telapak tangan pengasuhnya. Saya pernah mendengar bahwa kami memiliki bayi yang sangat mungil dan kedengarannya tidak bisa dipercaya. Pasalnya ia memiliki setengah dari berat badan bayi normal dan 2-3 kali lebih lemah" terang Emma.

Tiniest Baby Registry yang dikelola oleh University of Iowa, mencatat bahwa Saybie merupakan bayi terkecil di dunia yang pernah bertahan hidup. Rekor sebelumnya dipegang oleh seorang bayi yang lahir di Jerman pada 2015 yang beratnya tujuh gram lebih dari Saybie.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini