Beredar Pesan Berantai Tentang Bahan Makanan Mengandung Babi, MUI: Hoaks!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 31 Mei 2019 22:16 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 31 481 2062702 beredar-pesan-berantai-tentang-bahan-makanan-mengandung-babi-mui-hoaks-o8vxRmwi1c.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Isu bahan makanan mengandung babi kembali beredar melalui sebuah pesan berantai via aplikasi whatsapp. Dalam kasus ini, PT. Ajinomoto Indonesia lagi-lagi tersandung kasus yang sama seperti pada tahun 2016 silam.

Di dalam pesan itu disebutkan bahwa produk-produk bumbu seperti masako dan ajinomoto dinyatakan positif mengandung babi. Osmena selaku Wakil Direktur Bidang Sosialisasi dan Informasi LPPOM MUI menegaskan bahwa pesan tersebut sudah dipastikan adalah hoaks atau kabar bohong.

 Ilustrasi hoaks

“Akhir akhir ini muncul kembali isu atau berita hoaks tersebut dengan mencatut Dr. Muchyidin Junaidi Lc, MA. selaku Bidang Kerjasama Internasional MUI sebagai orang yang memposting berita tersebut. Dapat dipastikan info itu tidak valid karena kehalalan makanan itu berada di bawah naungan Bidang Perekonomian MUI, dan itu adalah Dr. Lukmanul Hakim, MSi,” ungkap Osmena, dalam Ajinomoto Indonesia Berbagi di Bulan Penuh Berkah, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Jumat (31/5/2019).

Dalam kesempatan kali ini, sebagai pembicara Ir. Hj. Osmena Gunawan, Wakil Direktur Bidang Sosialisasi dan Informasi LPPOM MUI menyampaikan materi pentingnya konsumsi makanan halal.

Lebih lanjut, Osmena menjelaskan, sebagai Wakil Direktur Bidang Sosialisasi dan Informasi, ia tahu persis bahwa pesan berantai tentang makanan mengandung babi di whatsapp itu adalah hoaks atau kabar yang bohong.

"Saya sudah konfirmasi ke yang bersangkutan (Dr. Junaidi) dan ia pun merasa tidak pernah menyebarkan pesan tersebut, karena merasa bukan kewenangannya,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama juga digelar kegiatan santunan kepada anak yatim di bulan Ramadan untuk semua wilayah Pabrik dan Kantor Ajinomoto.

“Kegiatan berbagi dengan anak yatim ini rutin dilakukan setiap tahunnya. Saya melihat bahwa acara ini sangat baik sekali, agar kita bisa terus dalam kebersamaan dan peduli terhadap masyarakat sekitar kita. Saya juga berharap dengan acara ini terjadi sinergi yang baik untuk mewujudkan cita-cita kita, Ajinomoto menjadi Dantotsu No. 1 Perusahaan makanan di Indonesia,” tutur Mr. Tsutomu Nara, VP PT. Ajinomoto Indonesia.

Buka puasa bersama

Kegiatan yang dilaksanakan pada pertengahan Mei 2019 ini melibatkan karyawan yang ada di pabrik dan kantor Ajinomoto seperti di Mojokerto, Karawang Barat, Karawang Timur, kantor cabang Jakarta, Surabaya, dan Medan, dan juga di kantor pusat Sunter Jakarta. Kegiatan santunan ini dibarengi dengan kegiatan buka puasa bersama karyawan Ajinomoto Indonesia.

Tercatat kurang lebih 600 anak yatim setiap tahunnya ikut serta dalam kegiatan ini. Jumlah tersebut merupakan total santunan yang dilaksanakan di beberapa tempat seperti Ajinomoto Indonesia Head Office, Pabrik Mojokerto, Pabrik Karawang, Cabang Medan, Cabang Surabaya, dan Cabang Jakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini