nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Ciri Sperma Sehat dan Tokcer

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 03 Juni 2019 00:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 31 485 2062717 5-ciri-sperma-sehat-dan-tokcer-1ljmwdtkRR.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Kehamilan dapat terjadi apabila sel sperma membuahi sel telur dan berkembang menjadi embrio. Namun banyak faktor yang melatarbelakangi terjadinya kehamilan. Termasuk kesuburan pria dan wanita. Pada pria, kesuburan dipengaruhi oleh kesehatan sperma.

Sperma yang sehat bisa memperbesar peluang kehamilan. Berikut ciri-ciri sperma sehat seperti yang Okezone rangkum dari berbagai sumber.

 Sperma

1. Jumlahnya cukup banyak

Saat ejakulasi di dalam liang senggama, pria mengeluarkan air mani. Meskipun jumlahnya cukup banyak, belum tentu sperma yang dikeluarkan juga banyak. Ya, sperma memang berada di dalam air mani tapi tidak semua air mani yang keluar adalah sperma. Idealnya saat ejakulasi setidaknya ada 15 juta sperma per milliliter yang terkandung dalam air mani. Terlalu sedikit sperma dalam ejakulasi bisa menurunkan peluang kehamilan.

2. Gerakan yang kuat

Untuk mencapai dan membuahi sel telur, sperma harus bergerak dengan cara menggeliat dan berenang melewati serviks, rahim, dan saluran tuba wanita. Pria kemungkinan besar akan subur jika setidaknya 40 persen sperma Anda bergerak.

 Sperma

3. Struktur atau morfologi yang baik

Sperma normal memiliki kepala oval dan ekor panjang. Keduanya bekerja bersama untuk mendorong hingga pada akhirnya tiba di sel telur. Meskipun tidak sepenting faktor jumlah atau pergerakan sperma, semakin banyak sperma yang memiliki bentuk dan struktur normal, maka semakin besar kemungkinan pria untuk subur sehingga memperbesar kemungkinan untuk hamil.

 

4. Air mani berwarna putih atau abu-abu

Normalnya air mani pria berwarna putih hingga abu-abu muda. Hal ini menandakan tidak ada masalah dan memperbesar kemungkinan sperma sehat. Apabila air mani berwarna kekuningan atau kehijauan dan ada serpihan itu menunjukkan adanya infeksi. Selain itu, perubahan warna kemerahan atau kecoklatan mungkin menunjukkan kondisi yang disebut hematospermia dan ini cukup mengkhawatirkan.

 Sperma

5. Tekstur air mani kental dan seperti jelly

Ciri lainnya adalah air mani yang bertekstur kental dan seperti jelly. Kondisi ini normal sehingga ada kemungkinan sperma juga sehat. Namun terkadang, air mani juga bisa berubah menjadi encer karena kondisi kesehatan tubuh yang kurang sehat atau kelelahan. Akan tetapi, itu tidak serta merta menandakan sperma tidak sehat. Untuk menjaga kesehatan maupun meningkatkan kualitas sperma, terapkanlah pola hidup sehat seperti diet seimbang, rajin berolahraga, serta tidak merokok dan minum alkohol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini