nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Tips Minjam Duit Anti Malu dan Auto Ikhlas ala Sobat Misqueen

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 31 Mei 2019 03:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 31 612 2062337 viral-tips-minjam-duit-anti-malu-dan-auto-ikhlas-ala-sobat-misqueen-L4qpWuWzIc.jpg Ilustrasi peminjaman uang

HUBUNGAN pertemanan kerap berakhir tragis bila sudah menyinggung persoalan utang piutang alias minjam duit. Biasanya, seseorang akan lebih galak dari sang pemberi pinjaman, bila utang sudah jatuh tempo atau saat mereka ditagih.

Alhasil, hubungan yang sudah lama terjalin pun menjadi hancur berantakan, hanya karena masalah minjam duit. Untuk mengakalinya, seorang netizen membagikan sebuah tips anti malu bila Anda terpaksa meminjam uang kepada sahabat atau rekan kerja.

Dalam unggahan foto milik akun parodi @yeahmahasiswa, seorang netizen bernama Adrian N tampak membagikan sebuah trik sukses meminjam uang Rp50 ribu ke dalam status Facebooknya. Ia mengatakan,"Pinjem 50 rb sama 1 orang kamu bakalan ditagih terus-terusan. Pinjem seribu sama 50 orang mereka gak akan inget kamu pinjem uang," tulis akun tersebut.

Secara logika, trik ini ternyata ada benarnya juga loh, Okezoners! Mari kita tilik lebih lanjut. Bagi sebagian orang, pecahan uang Rp1 ribu - Rp2 ribu bukanlah sesuatu yang harus dipikirkan. Ambil contoh, terkadang ketika seseorang membeli makanan atau minuman di supermarket, uang kembalian mereka cenderung diikhlaskan karena tidak mau terlalu lama menunggu di depan kasir.

Contoh lain, coba saja Anda naik ojek online dengan tarif berkisar Rp14 ribu - Rp17 ribu. Sisa kembalian sering Anda jadikan tip buat driver bukan? Ini karena nominal uang yang tersisa dianggap tidak akan memengaruhi kondisi keuangan. Kecuali untuk anak kos, mereka biasanya akan mengumpulkan uang receh untuk bertahan hidup di tanggal tua atau minjam duit ke teman.

Bayangkan bila uang kembalian atau tip yang hendak diberikan berjumlah besar. Kalau tidak terlalu mendesak, atau tidak ada sesuatu yang membuat hati Anda tergugah, sebagian orang tentu akan meminta kembali uang kembalian tersebut.

Maka tak heran bila tips dan trik yang diberikan Adrian mendadak viral di media sosial. Mungkin banyak netizen yang merasakan hal yang sama. Apalagi setelah dibagikan oleh akun parodi yang gemar membagikan kisah-kisah pilu para mahasiswa dan anak kos.

Hingga berita ini ditulis, unggahan tersebut telah mendapatkan lebih dari 12 ribu retweet dan dibanjiri ratusan komentar netizen. Yuk simak komentar kocak mereka.

 

"Lalu, berharap temen bilang gini, 'udah.. kalau cuma seribu ambil aja' *sujud syukur*," tulis akun @RamadhonyTri

"Senjata lama nih. Dulu pernah tahu tapi males nyoba wkwk," tulis akun @Andijipi17

"Kalo minjem 2 rebu ke 50 temen jadi 100 rebu dong. Bisa buat beli kuota sebulan," tulis akun @ganang_agungw 

"5000 juga masih dimaafin kok.. jadi 5000 x 50 orang = 250.000 --> S4 Oxford Intl Business School," tulis akun @what_duhh

"Njirr temen gue 500 perak aja ditagih," curhat seorang netizen.

"Gua pernah lg kere kerenya belum gajian mintain duit gope2 doang ke temen2 satu conveyor, alhamdulillah bisa kebeli somay sama freastea wkwk... emg kudu tebel muka," tulis yang lain.

Bagaimana Okezoners? Tertarik mencoba tips minjam duit ini? Kalau jumlah teman di kampus atau kantor sedikit, mungkin kalian bisa menaikkan nominalnya jadi Rp5 ribu, hehe. Tapi jangan keterusan ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini