nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sampah Ditukar Uang, Berkah Ramadan bagi Warga Makassar

Herman Amiruddin, Jurnalis · Jum'at 31 Mei 2019 15:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 31 612 2062468 sampah-ditukar-uang-berkah-ramadan-bagi-warga-makassar-VvRabxSVUZ.jpg Masyarakat Makassar dapat berkah dari sampah selama Ramadan (Foto: Engineers Journal)

SAMPAH benar-benar menjadi berkah bagi masyarakat kota Makassar di bulan Ramadan. Buktinya, jika Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai swasta dapat Tunjangan Tari Raya (THR), maka nasabah bank sampah juga dapat berkah dari tabungan sampahnya.

Salma misalnya, satu dari ratusan nasabah bank sampah di kecamatan Rappocini, Makassar menjadi contoh nasabah yang dapat berkahnya di bulan Ramadan.

Ibu rumah tangga ini mendatangi bank sampah di kelurahan Ballaparang, Selasa (28/5) . Sebagai nasabah, Salma langsung mengajukan penarikan uang tabungannya senilai Rp800 ribu.

 

Berikut nasabah lain yang ikut merasakan berkah dari bank sampah, di cabang BSU Paris 2 Bakung menarik Rp900 ribu, BSU.MAKARTI kel.Pai di Jalan Dg. Ramang atas nama Rahayu Rp5 juta, hingga BSU Mandiri 03, Perum Kodam VII, Kelurahan Pai menarik Rp6 dari tabungan sampah.

Direktur bank sampah Pelita Bangsa, Ibu Ros mengaku jika bank sampah unit yang dikelolanya sangat memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Banyak orang tidak menyangka kalau sampah yang mereka sering buang bisa jadi uang. Memang awalnya banyak ibu-ibu gengsi, tapi setelah melihat dampaknya mereka baru sadar," ujar Ros.

Sementara itu, kepala UPTD Bank Sampah Pusat Makassar, mengaku terjadi peningkatan jumlah penimbangan yang dilakukan oleh bank sampah unit selama bulan Ramadan. Bahkan bisa terjadi peningkatan dua kali lipat. Menurut putra asal Sinjai ini, peningkatan ini kemungkinan disebabkan meningkatnya jumlah sampah an-organik di masyarakat.

(dno)

Berita Terkait

Ramadan

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini