nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Untuk Milenial, Ini 5 Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari di Era Digital

Willi Zera Kertangi, Jurnalis · Sabtu 01 Juni 2019 18:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 01 196 2062824 untuk-milenial-ini-5-pekerjaan-yang-paling-banyak-dicari-di-era-digital-RIduLsKXaC.jpg Menjadi vlogger di era digital (Foto : Neilpatel)

Pada era digital ini perkembangan dunia teknologi berkembang sangat pesat, demikian juga halnya di dunia pekerjaan, makin banyak pekerjaan yang mudah di dapat seiring perkembangan teknologi digital. Tapi semua tergantung yang menjalankannya. Mungkin Anda cocok dengan salah satu pekerjaan yang akan kita bahas ini, pekerjaan yang sangat erat dengan dunia teknologi digital.

Perkembangan ini membuat profesi atau tenaga ahli bidang teknologi digital dengan kualitas baik banyak dicari berbagai bidang industri. Beritkut adalah 5 pekerjaan yang paling dicari di era digital.

1. Vlogger

Vlog singkatan dari Video dan Blog (Situs/Website) situs web yang mengutamakan video sebagai konten utamanya, pekerjaan utama seorang vlogger adalah mengelola sebuah website dan mengisi situs webnya dengan berbagai konten video yang ia miliki.

Menjadi seorang vlogger tentu menyenangkan sekaligus dapat menghasilkan uang dari konten-konten yang diupload. Uang tersebut biasanya datang dari google AdSense atau program periklanan lainnya.

Salah satu contoh vlogger indonesia yang terkenal Raditya Dika, ia sering membuat vlog dan kegiatan shootingnya, termasuk shooting untuk film-film terbarunya. Dengan vlogging juga sebenarnya tujuannya adalah untuk mempromosikan filmnya agar banyak penonton dan ditunggu-tunggu, tapi dibalik promosinya, hasil vlog yang ia upload pun sampai jutaan rupiah.

2. Selebgram

Berbisnis melalui media sosial mungkin sudah tidak asing lagi terdengarnya, sudah banyak orang yang membuktikan bahwa berbisnis di media sosial cukup menjanjikan bahkan mampu menjadi bisnis utama karena hasilnya yang cukup besar.

Contohnya seperti berbisnis di Instagram, selain berjualan online di Instagram ada lagi yang menarik yang mungkin bisa jadi ladang bisnis bagi anda, yaitu menjadi seorang Selebgram. Selain harus tampil menarik, seorang selebgram harus mampu menyajikan konten-konten yang berbeda agar dapat menarik banyak pasang mata. Uang yang di dapat dari Selebgram biasanya berasal dari Endorse dan program periklanan lainnya.

rachel vennya

(Foto : @rachelvennya/Instagram)

Contoh selebgram yang sukses di era digital adalah Rachel Venya beberapa usaha yang ia miliki adalah usaha salon kecantikan mata dan juga restoran. Selain itu, Melalui akun Instagram miliknya ia mempromosikan usaha yang dimiliki, Rachel juga kerap melakukan sharing seputar merawat anak, liburan serta kecantikan dan ia juga sering berbagi dengan mengadakan kuis berhadiah bagi para penggemarnya.

3. Buzzer

Saat ini dunia internet khususnya sosial media bukan hanya dijadikan sebagai tempat untuk mengaktualisasi diri melainkan dapat dijadikan sarana untuk melakukan pemasaran dan iklan. Sehingga hal tersebut menyebabkan profesi ini sangat berpeluang agar bisa mendapatkan penghasilan melalui sosial media.

Pada sosial media buzzer yaitu orang yang memanfaatkan akun sosial media miliknya guna menyebar luaskan info atau dengan kata lain untuk melakukan promosi maupun iklan dari suatu produk maupun jasa pada perusahaan tertentu.

Salah satu contoh Buzzer Indonesia yang terkenal adalah Benazio Putra atau yang sering kita kenal dengan Benakribo, selain menjadi vlogger Benazio juga pernah menjadi Buzzer dan berhasil meraup keuntungan sampai jutaan rupiah.

4. Social Media Specialist

Sepertinya tidak ada profesi yang lebih identik dengan kaum milenial dibanding Social Media Specialist dan berbagai variasi jabatannya seperti, Social Media Manager, Admin Social Media, Social Media Officer, dan lainnya.

Sederhananya, seorang Social Media Specialist bertanggung jawab memegang kendali atas seluruh isi jejaring sosial sebuah perusahaan. Namun pekerjaan mereka tidak sebatas sekedar meng-upload foto atau menulis sebaris dua baris tweet saja. Setiap langkah yang diambil seorang Social Media Specialist di dunia maya sudah terkalkulasi secara strategis.

Contoh seorang Social Media Specialist adalah Donny Setiawan. Ia didapuk mengasuh Twitter dan Facebook milik seorang politisi yang berniat mencalonkan diri menjadi presiden pada pemilu 2014. Di samping menangani dua jejaring sosial ini, ia juga bertanggung jawab mengisi blog sang figur publik tersebut. Pria yang bekerja di sebuah portal berita ini sejak awal memang fanatik dengan dunia digital. Ia mengaku senang dalam menjalani pekerjaannya.

5. Artifisial Intelligence

AI (Artificial Intelligence) / kecerdasan buatan merupakan sebuah teknologi komputer atau mesin yang memiliki kecerdasan layaknya manusia. Sederhananya adalah instruksi pintar yang diberikan kepada program maupun mesin

Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini