nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ani Yudhoyono, Rahasia di Balik Tenangnya SBY dan Rukunnya AHY-Ibas

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 01 Juni 2019 14:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 01 196 2062891 ani-yudhoyono-rahasia-di-balik-tenangnya-sby-dan-rukunnya-ahy-ibas-5aW2WHfDFp.jpg Momen Ani Yudhoyono bersama keluarga (Foto : @aniyudhoyono/Instagram)

Kabar duka datang dari keluarga besar mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Tepat pada pukul 11.50 waktu setempat, Sabtu (1/6/2019), Ani Yudhoyono meninggal dunia di National University Hospital (NUH), Singapura.

Salah satu tim dokter kepresidenan, Dokter Terawan menyebutkan bahwa tim dokter dari NUH sudah berjuang kerasa bersama tim kedokteran dari Indonesia. Menurut Terawan, kondisi kesehatan Ani sendiri sempat membaik pada Jumat 31 Mei 2019. Namun sayang, hal tersebut tidak berlangsung lama setelah tiba-tiba kondisinya menurun drastis dan harus dilarikan ke ruangan Intensif Care Unit (ICU).

Berita duka ini sontak menghebohkan masyarakat Indonesia, tak terkecuali bagi Yoka Permadoni, salah satu peneliti di The Yudhoyono Institute. Kepada Okezone, Yoka mengaku terpukul ketika mengetahui salah satu sosok yang ia kagumi telah meninggal dunia.

“Tadi saya lagi baring-baring istirahat. Terus ada pesan di grup, kalau ibu sudah tidak ada. Awalnya saya tidak percaya, sampai teman-teman menyuruh saya untuk menonton TV. Dan ternyata benar, sudah banyak TV nasional yang memberitakan kepergian beliau,” ujar Yoka saat dihubungi Okezone via sambungan telepon.

Yoka juga sempat menceritakan sisi lain dari Ani Yudhoyono yang mungkin belum diketahui khalayak. Menurut penuturannya, Ani adalah sosok perempuan yang sangat hangat, ramah, humoris, dan keiibuan. Hal tersebut ia rasakan secara langsung setelah beberapa kali bertemu dan berbincang panjang dengan wanita bernama asli Kristiani Herrawati itu.

Ani Yudhoyono meninggal dunia sedih

Bahkan, ada satu momen spesial yang sampai saat ini masih melekat di hati dan pikiran Yoka. Tepatnya pada saat ulang tahun SBY beberapa tahun lalu. Kala itu, Yoka bercerita panjang lebar dengan Ani Yudhoyono tentang sifat-sifat dan kebiasaan suaminya.

“Ini saya diceritakan langsung oleh beliau. Pak SBY itu orangnya benar-benar sistematis, kaku, dan perfeksionis. Jadi kalau ada sesuatu yang dia inginkan harus bisa diwujudkan. Kalau tidak, ujung-ujungnya beliau bisa bad mood dan semuanya bisa kena. Nah, ‘pawangnya’ pak SBY itu adalah ibu Ani sendiri,” tutur Yoka.

Lebih lanjut, Yoka menjelaskan, Ani juga merupakan penopang keluarga besar Yudhoyono. Pasalnya, hanya dia lah yang dapat mencairkan dan membuat suasana menjadi lebih nyaman, hangat, dan menyenangkan saat kedua putranya sedang berselisih paham.

“Mas Agus dan Mas Ibas itu sesekali masih sering berantem. Berantem kakak adik gitulah. Kata Mba Annisa Pohan, cuman ibu Ani yang bisa melerai mereka. Dia sendiri sampai angkat tangan. Saya rasa, aura dari rumah itu ada di Ibu Ani semua. Dia bisa mencairkan dan menghidupkan suasana,” tukas Yoka.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini