nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesan Ani Yudhoyono untuk Milenial: Belajar dan Ikhtiarlah agar Sukses Dunia Akhirat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 01 Juni 2019 20:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 01 196 2062967 pesan-ani-yudhoyono-untuk-milenial-belajar-dan-ikhtiarlah-agar-sukses-dunia-akhirat-STaEFs8xR2.jpg Ani Yudhoyono meninggal dunia (Foto : @aniyudhoyono/Instagram)

Rasa duka tidak hanya menyelimuti keluarga besar Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Berita kepergian Ani Yudhoyono pun turut dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Tak terkecuali bagi Yoka Permadoni.

Pria yang kini bekerja sebagai peneliti di The Yudhoyono Institute itu merasa kehilangan sosok wanita yang selama ini ia kagumi. Kepada Okezone, Yoka menceritakan momen kedekatannya bersama Ani Yudhoyono.

Hal ini bermula ketika dirinya masih menjadi anggota Komunitas Indonesia Bersatu (KIB). Kala itu, Yoka dan beberapa rekannya diundang untuk mengikuti kegiatan hunting foto bersama dengan Ani Yudhoyono.

Setelah puas mengabadikan sejumlah objek di kawasan Pandaan, Jawa Timur, Ani langsung mengajak rombongan untuk berbincang ringan sembari menikmati sarapan pagi. Pada momen itulah, sisi lain seorang Ani Yudhoyono dirasakan oleh Yoka dan teman-temannya.

Ani dalam kenangan

Kebetulan, peserta yang mengikuti kegiatan tersebut memang sengaja dibatasi sebanyak 20 orang saja. Dengan demikian, suasana akan terasa lebih intim sehingga Ani bisa lebih leluasa berdiskusi dengan para peserta.

Yoka menuturkan, kala itu, Ani Yudhoyono sempat menanyakan kesibukan sehari-harinya. Sebagai seorang mahasiswa tingkat akhir, Yoka menjelaskan bahwa ia sedang mengalami kendala dalam menyusun tugas akhir (skripsi).

Mendengar pernyataan tersebut, Ani pun memberikan sebuah nasihat yang hingga detik ini masih terngiang jelas di hati dan pikirannya.

"Waktu saya curhat, tiba-tiba ibu langsung bertanya, cita-cita terbesar saya mau jadi apa? Saya bilang mau jadi seorang duta besarc," ungkap Yoka.

"Ibu langsung menimpali jawaban saya, kata beliau, 'Dubes itu bukan cita-cita yang kecil, itu adalah cita-cita yang besar. Tapi bukan berarti tidak mungkin tercapai. Caranya adalah dengan belajar dan ikhtiar. Kalau serius selalu ada jalan'," timpalnya.

Yoka mengatakan, Ani kemudian mencontohkan secara singkat kisah perjalanan karir SBY hingga akhirnya bisa menjadi Presiden RI ke-6. Menurut penuturannya, SBY yang lahir di lingkungan keluarga biasa-biasa saja sudah membuktikan bahwa, dengan belajar dan ikhtiar, ia dapat mewujudkan cita-citanya menjadi Presiden Indonesia.

"Beliau meyakinkan saya, Pak SBY itu bukan anak jenderal, bukan dari keluarga bangsawan, yang dia punya pada saat itu adalah mimpi yang besar dan kemauan untuk terus belajar," papar Yoka.

"Ibu berpesan kepada saya, 'Hidup itu tentang belajar, apapun itu harus belajar. Mau sukses di dunia, belajar. Mau sukses di akhirat, juga harus belajar," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini