nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Fakta Penyakit Kanker Darah yang Diidap Ani Yudhoyono

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 01 Juni 2019 19:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 01 481 2062966 8-fakta-penyakit-kanker-darah-yang-diidap-ani-yudhoyono-HdyBE6GzUj.jpg Ani Yudhoyono meninggal dunia (Foto : @aniyudhoyono/Instagram)

Menderita kanker leukemia membuat pasiennya mengeluh bagian tulang belakangnya sangat nyeri. Itulah gejala pertama yang dikeluhkan Ani Yudhoyono, sebelum divonis penyakit ganas ini.

Tanpa disadari bahwa dirinya menderita penyakit kanker darah, sampai harus berjuang melawan penyakitnya. Lebih dari tiga bulan, Ani Yudhoyono harus menghabiskan sisa waktu hidupnya di National University Hospital Singapore, dengan kondisi lemah.

Sayangnya, penyakit berbahaya ini kerap kali tak diketahui faktanya oleh banyak orang. Sekalinya divonis kanker darah, status stadiumnya sudah sangat lanjut.

Ani Yudhoyono meninggal dunia

Kian hari pasiennya banyak, mulai dari kalangan anak-anak hingga lansia. Karenanya, Anda harus tahu 8 faktanya yang mungkin jarang terekspose, dilansir Okezone dari Boldsky, Sabtu (1/6/2019).

Leukemia pengaruhi sel darah

Leukemia adalah jenis kanker yang mempengaruhi sel-sel darah. Terutama sel-sel darah putih dan biasanya berasal dari penggandaan sel-sel darah yang abnormal di dalam sumsum tulang.

Terdapat dua bentuk

Ada dua bentuk leukemia, yakni berupa bentuk akut dan bentuk kronis. Adapun pengobatan untuk kedua bentuk tersebut sangatlah bervariasi. Fakta mengenai kanker darah yang diidap Ani Yudhoyono berlanjut di halaman berikutnya.

Pria lebih rentan kena daripada wanita

Dikatakan bahwa leukemia lebih banyak mempengaruhi pria daripada wanita. Pria memiliki 31% lebih banyak peluang terkena penyakit ini dibandingkan dengan wanita.

35 dari 1 juta orang pasti kena penyakit ini

Leukemia bukan jenis kanker yang sangat umum terlihat. Hanya sekira 35 dari 1 juta orang yang terkena penyakit ini setiap tahun. Lalu 5 dari 35 orang yang terkena adalah anak-anak.

Sebabkan kematian anak di bawah 14 tahun

Leukemia diketahui menjadi penyebab utama kematian anak-anak di bawah usia 14 tahun. Tak sedikit anak yang mengidap penyakit ganas ini, bahkan dari baru lahir.

Rokok sebab utamanya

Merokok dikenal sebagai salah satu penyebab utama terjadinya kanker. Salah satunya yakni leukemia pada orang dewasa. Karena itu, berhentilah merokok dan jangan sakiti orang-orang di sekitar dari paparan asapnya.

Leukemia tidak bergejala

Sering kali pasien dengan jenis kanker darah tertentu tidak menunjukkan gejala apa pun sampai tahap akhir. Akhirnya membuat perawatan sangat sulit, sampai kondisi pasien drop dan dinyatakan meninggal dunia.

Golongan pekerja yang rentan mengidap leukemia

Seseorang yang bekerja dengan paparan bahan kimia seperti formaldehyde, serta radiasi jenis tertentu secara teratur lebih rentan terkena leukemia. Jangan anggap remeh karena risikonya bisa menyebabkan kematian dini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini