nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nganggur Habis Lebaran? Coba Cari Kerja Lewat 5 Aplikasi Ini

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 08 Juni 2019 11:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 01 612 2063014 nganggur-habis-lebaran-coba-cari-kerja-lewat-5-aplikasi-ini-6DPjmrFyOA.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Tak sedikit karyawan yang memutuskan mengundurkan diri atau resign dari perusahaan tempatnya bekerja sehabis menerima tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri. Hal itu membuat mereka cari kerja usai hari raya. Akan tetapi, ada pula yang belum menemukan pekerjaan baru sehingga terpaksa menganggur sehabis libur panjang hari raya.

Banyak hal yang melatar belakangi hal tersebut. Salah satunya adalah belum mendapatkan pekerjaan yang cocok tapi sudah berkeinginan kuat untuk mengundurkan diri. Sehingga, dengan atau tanpa pekerjaan baru karyawan ini tetap memutuskan mengakhiri masa kerjanya. Namun tentunya hal itu tidak bisa berlangsung lama karena bagaimanapun orang tetap harus cari kerja untuk memenuhi kebutuhannya.

Bagi Anda yang sudah terlanjur resign dan belum mendapatkan pekerjaan, Anda bisa mencoba peruntungan melalui aplikasi pencari kerja. Okezone telah merangkum sejumlah aplikasi yang bisa diandalkan untuk mencari pekerjaan baru. Berikut ulasannya seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

1. JobStreet

Aplikasi yang satu ini sudah sangat populer di tengah para pencari kerja. Meskipun banyak yang mengatakan mustahil untuk mendapatkan pekerjaan dari JobStreet, tapi ada pula yang beruntung dengan aplikasi ini. Bagaimana tidak, aplikasi yang berasal dari Malaysia ini memiliki lebih dari 230 ribu lowongan pekerjaan.

 Perempuan memegang kertas

2. LinkedIn Job Search

Para pekerja mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi LinkedIn yang sering dimanfaatkan untuk menulis karier profesional mereka. Namun aplikasi yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk mencari kerja. Banyak pula perusahaan yang membukan lowongan pekerjaan di LinkedIn Job Search. Selain itu, adanya aplikasi ini memudahkan kedua belah pihak yaitu perusahaan yang membuka lowongan dan pencari kerja untuk mencari kandidat terbaik.

3. Kalibrr Job Search

Meskipun terbilang baru, Kalibrr telah dipercaya oleh para pencari kerja. Berasal dari Filipina, aplikasi startup ini memiliki kelebihan dimana orang-orang yang sedang cari kerja bisa menyimpan informasi tentang sebuah lowongan pekerjaan. Dengan begitu, pengguna dapat melihat lowongan pekerjaannya di lain waktu jika merasa sudah memenuhi kualifikasi sehingga meningkatkan peluang diterima. Terlebih perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan di aplikasi ini terbilang responsif dan cepat dalam menanggapi para pelamar.

4. ZipRecruiter

Hampir sama seperti Kalibrr, aplikasi ini juga tergolong baru. Meski begitu, banyak yang mempercayai ZipRecruiter untuk mencari pekerjaan. Ada berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna alias pencari kerja. Mulai dari pencarian lowongan berdasarkan minat, menyimpan informasi lowongan pekerjaan, dan masih banyak lagi.

5. Karir.com

Terakhir ada Karir.com yang asli buatan dalam negeri. Aplikasi ini telah menyediakan lowongan pekerjaan lebih dari 15 tahun. Di dalam aplikasi, ada banyak lowongan pekerjaan yang bisa menjadi pilihan bagi pelamar. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur kerja sama eksklusif dengan berbagai perusahaan besar dan universitas terkenal sehingga memudahkan fresh graduated untuk mendapat pekerjaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini