nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Tips Memotret, Abadikan Momen Libur Lebaran dengan Foto Keren!

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Rabu 05 Juni 2019 09:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 04 612 2063688 4-tips-memotret-abadikan-momen-libur-lebaran-dengan-foto-keren-dwHv0q89Qg.jpg Tips ambil foto keren saat libur Lebaran (Foto: Mightygoods)

LIBUR Lebaran sudah tiba. Mengunjungi kampung halaman pun kerap jadi pilihan utama. Selain berlibur, kita juga bisa bersilaturahmi dengan para orangtua serta saudara.

Tidak sedikit orang yang mengabadikan momen – momen libur Lebaran dengan kamera. Ada beberapa tips untuk mengabadikan foto agar menjadi lebih menarik, entah itu di kampung halaman, atau ketika jalan-jalan bareng keluarga. Berikut tipsnya:

1. Gunakan Perangkat foto yang baik

Bagus atau tidaknya hasil foto yang diambil, terkadang yang menentukan adalah kualitas dari kamera kita sendiri. Menggunakan Kamera DSLR tentu pilihan yang bagus jika kita bisa mengoperasikannya, akan tetapi kamera sebesar itu tentu menjadi masalah sendiri jika kita tidak ingin mudik dengan membawa barang yang banyak. Atau dengan menggunakan kamera ponsel pun juga juga tidak masalah.

2. Landscape atau Potrait ?

Untuk kamu yang menggunakan kamera ponsel, penting untuk menentukan bagaimana cara kita mengambil gambar. Jika yang ingin kita foto mempunyai background pemandangan, misalnya sawah, pegunungan, dan lain lain, maka sebaiknya kita mengambil foto dengan landscape. Hal itu bisa menjadikan background di belakang kamu menjadi luas. Akan tetapi jika kamu mempunyai background seperti air terjun, maka sebaiknya mengambil gambar dengan cara portrait.

 Tips berfoto

3. Mencari pencahayaan yang tepat

Hal ini menjadi modal utama jika kamu ingin gambar agar menjadi lebih menarik. Hindari mengambil gambar yang membelakangi matahari. Karena hal itu hanya membuat wajahmu terlihat kekurangan cahaya nantinya, atau backlight. Tetapi itu bisa dilakukan jika kamu memang sengaja untuk berfoto siluet.

4. Menjaga barang-barang

Ketika sudah menemukan lokasi yang pas untuk kita berfoto. Jangan sekali-kali untuk meninggalkan barang bawaan. Terkadang jika hari libur tiba, terutama di tempat wisata, menjadi lebih ramai dari hari biasa. Jadi kita kita harus tetap waspada.

“Menurut Gue sih bagus pakai lensa wide. Karena itu bisa menangkap objek yang lebih luas. Terus posisi motretnya, dan yang paling penting pengaturan cahayanya, ya menyesuaikan kondisi aja, bagusnya dari mana” Ujar Aldhi Chandra, Photographer asal Jakarta.

Setelah memotret, langkah terakhir jika hasil fotomu semakin lebih bagus adalah dengan mengedit foto tersebut. Mungkin bisa ditambahkan sedikit filter, atau memotong bagian yang kurang penting. Demikian tips ambil foto keren saat libur Lebaran.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini