nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita di Balik Batik Motif Burung Surga Pilihan Ani Yudhoyono

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 05 Juni 2019 20:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 05 194 2063974 cerita-di-balik-batik-motif-burung-surga-pilihan-ani-yudhoyono-K2t8xita0v.jpg Ani Yudhoyono. (Foto: Instagram)

TAHUN ini keluarga besar Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) merayakan Lebaran pertama kalinya tanpa kehadiran Ani Yudhoyono. Perempuan yang akrab disapa Memo itu menghadap Yang Maha Kuasa, beberapa hari sebelum Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Tapi, keluarga SBY masih bisa merasakan kehadiran Ani Yudhoyono di tengah-tengah mereka, lantaran sebelum meninggal Ani Yudhoyono telah memesan kain untuk dipakai saat Lebaran. Ya, keluarga SBY memang dikenal sering tampil kompak di momen-momen tertentu.

sang menantu, Annisa Yudhoyono, menyebut kain yang dipilih Ani Yudhoyono sebagai bahan untuk busana Idul Fitri adalah kain hitam dengan motif Sawung Galing. Motif tersebut memiliki filosofi burung yang terbang ke surga, yang juga merupakan simbol keanggunan dan kekuatan perempuan.

"Saya tanya ke sahabat maknanya apa. Masya Allah, kebetulan sekali ada filosofi (dari) batik yang dipilihkan. Warnanya hitam,” ujar istri dari Agus Harimurti Yudhoyono itu.

Motif tersebut memiliki filosofi burung yang terbang ke surga, yang juga merupakan simbol keanggunan dan kekuatan perempuan.

Pemilihan kain tersebut sempat membuat keluarga merasa bingung. Sebab di momen Idul Fitri sebelum-sebelumnya, Ani Yudhoyono selalu memilih kain berwarna cerah. Tujuannya agar terlihat bagus di kamera dan menghasilkan foto yang indah.

Tapi, di tahun ini dia memilih kain yang memiliki latar belakang warna gelap. Meski begitu, keluarga tak memiliki firasat apapun terkait hal itu.

"Ibu Ani hanya bilang, kita akan pakai batik ini di rumah sakit. Saya nanti juga akan memakainya. Ternyata, sebelum Lebaran Ibu Ani telah berpulang," kenang SBY akan mendiang Ani Yudhoyono.

Memang, Ani Yudhoyono sangat jarang sekali mertuanya memilihkan busana berwarna monokrom. Pasalnya, selain memilih kain hitam bermotif, Ani Yudhoyono juga meminta dicarikan bahan berwarna putih sebagai atasan.

"Ibu selalu ingin berbeda setiap tahun warnanya dan kalau di foto biar kelihatan lebih cerah. Tahun ini, Aliya yang begitu tahu, deg, 'kok ibu milihnya putih, kenapa yah?' Tapi Masya Allah ibu pergi begitu cepat," jelas Annisa.

Di Hari Raya Idul Fitri ini, Annisa dan Aliya tampak cantik dalam balutan kebaya berwarna putih. Sedangkan Agus dan Ibas mengenakan kemeja hitam bermotif dari kain yang dipilihkan ibundanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini