nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lagi Pulang Kampung? Ini Lokasi Wisata Andalan di Purwakarta

Mulyana, Jurnalis · Kamis 06 Juni 2019 20:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 06 406 2064159 lagi-pulang-kampung-ini-lokasi-wisata-andalan-di-purwakarta-Bl8hHqXn5s.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

LIBUR Lebaran memang kerap dimanfaatkan sebagian besar masyarakat dengan berwisata bersama keluarga. Nah, bagi yang tengah mudik dan hendak menghabiskan waktu liburannya, mungkin tak ada salahnya mampir ke Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Di kabupaten kecil kedua di Jabar itu, sejauh ini banyak lokasi-lokasi eksotis yang bisa dikunjungi untuk berwisata. Dijamin, tidak akan menyesal jika datang ke tempat-tempat di Purwakarta ini.

1. Curug Tilu

sampai saat ini wilayah tersebut kerap dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah.

Lokasi wisata yang satu ini, berada paling ujung Barat Waduk Jatiluhur. Pelancong yang datang ke wilayah ini dijamin gak bakal 'nyesel'. Mengingat, lokasi wisata ini memiliki panorama alam yang cukup eksotis.

Tak heran, sampai saat ini wilayah tersebut kerap dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar daerah. Lokasi wisata ini sendiri, resmi dibuka pada Maret 2017 lalu. Untuk menuju ke lokasi tersebut, tak sesulit yang dibayangkan.

Karena, Air terjun yang kini mendapat julukan Grand Canyon-nya Purwakarta ini dapat diakses sekitar 30 menit dari pusat kota.

2. Grama Tirta Jatiluhur

Air danau yang berkilau akibat pantulan sinar matahari, menjadikan lokasi ini memiliki daya tarik tersendiri.

Sebagian besar masyarakat, terutama di Jawa Barat mungkin sudah tak asing lagi dengan Waduk Jatiluhur. Ya, waduk buatan yang bisa dikatakan serba guna ini ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi yang 'doyan' berwisata.

Karena, selain berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan kebutuhan air irigasi, lokasi ini pun menjadi objek wisata favorit. Salah satu yang membedakan waduk ini dengan lokasi wisata lain, mungkin keindahan alamnya yang masih cukup asri.

Air danau yang berkilau akibat pantulan sinar matahari, menjadikan lokasi ini memiliki daya tarik tersendiri. Keindahannya pun bertambah, seiring banyaknya pepohonan hijau yang menghiasi bibir waduk tersebut.

Wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata ini pun tak hanya akan disuguhi pemandangan nan eksotis. Mereka, juga bisa merasakan adrenalinnya yang terpacu ketika menaiki perahu tradisional maupun speed boat yang bisa disewa untuk kepentingan rekreasi.

Tak hanya itu, di lokasi ini pun tersedia wahana rekreasi air yang cukup menyenangkan untuk keluarga. Yakni, Jatiluhur Water World (JWW). Wahana air ini, lokasinya berada di kawasan wisata Grama Tirta Waduk Jatiluhur, yang letaknya persis beberapa meter dari bibir waduk.

3. Cikao Park

juga terdapat Water Park yang bernuansa alam dan pantai lengkap dengan pasir putihnya.

Di lokasi wisata yang satu ini, ada banyak suguhan yang disiapkan pihak pengelola. Salah satunya, wahana air dan taman indah. Meskipun baru ngehits setahun lalu, lokasi ini bak sebuah oase di gurun pasir.

Selain keindahan alam yang masih asri, di Cikao Park sendiri menyuguhkan sejumlah wahana bermain bernilai edukasi. Kemudian, juga terdapat Water Park yang bernuansa alam dan pantai lengkap dengan pasir putihnya.

Selain Water Park, di lokasi ini pun terdapat taman Satwa yang menyuguhkan berbagai jenis satwa langka. Semisal, Binturung, monyet kerdil, iguana, berbagai jenis ular, kura-kura dan masih banyak lagi.

Dengan kata lain, di taman Cikao ini pengunjung bisa bermain sekaligus belajar. Bahkan, pengunjung pun diberi kesempatan berin teraksi langsung dengan satwa langka tersebut. Untuk melepas lelas, pengunjung pun dapat bersantai di gazebo sambil menikmati area minizoo itu.

4. Lingkar Gunung Parang

Keunikan lain di gunung ini, yakni memiliki dinding bebatuan yang hampir tegak lurus.

Gunung Parang merupakan salah satu destinasi wisata eksotis yang ada di Kabupaten Purwakarta. Lokasi yang merupakan sebuah gunung batu andesit yang berdiri tegak menjulang ke langit ini, mungkin lebih cocok bagi mereka pecinta panjat tebing.

Jika dilihat dari jauh, Gunung ini sepintas mirip sebuah monumen batu raksasa. Adapun ketinggian gunung batu berwarna hitam ini, sekitar 1.000 meter dari permukaan tanah. Keunikan lain di gunung ini, yakni memiliki dinding bebatuan yang hampir tegak lurus.

Keindahan Gunung Parang pun bertambah. Seiring, dibangunnya sebuah fasilitas baru berupa penginapan unik di lokasi wisata itu oleh pemerintah setempat.‎ Ada yang aneh memang, karena lokasi penginapan ini tak lazim dari tempat istirahat pada umumnya.‎

Tempat beristirahat ini mungkin bakal sedikit menguji adrenalin para pengunjung. Sebab, dibangun secara menggantung (Sky Lodge) di ketinggian bervariasi dari mulai 300-900 meter dari permukaan tanah di gunung batu tersebut.

Tak hanya itu, di kawasan tersebut juga terdapat wahana lain, semisal Sasak Panyawangan dan lokasi untuk mereka yang senang Hiking. Yakni, di areal Gunung Bongkok yang masih satu hamparan dengan Gunung Parang.

5. Taman Air Mancur Sribaduga (Situ Buleud)

jika alunan musik lambat, air mancur ini hanya akan menari dengan gemulai.

Lokasi wisata yang satu ini, mungkin sudah tak asing lagi di telinga masyarakat luas. Ya, taman aktif besar di pusat kota kabupaten yang mengedepankan sprit budaya dalam pembangunannya itu selama ini masih jadi primadonanya.

Ada yang menarik dari Air Mancur di Taman Sri Baduga ini. Selain memiliki lingkaran sekitar 1 hektare, air mancur ini memiliki banyak variasi gerakan. Yakni, disesuaikan dengan hentakan irama musik. Jadi, jika hentakan cukup cepat, air mancur pun akan menari dengan cepat dan tinggi. Namun jika alunan musik lambat, air mancur ini hanya akan menari dengan gemulai.

Atraksi air mancur ini, diprogram dengan beragam jenis musik secara digital. Selain musik dan variasi tarian, air mancur ini pun dipadukan dengan unsur tata cahaya dan api di atasnya. Tak hanya itu, di sekeliling taman inipun terpasang kursi supaya para pengunjung merasa nyaman saat menonton Air Mancur menari itu.‎

6. Taman Batu Purwakarta

banyak di antara pengunjung pun memanfaatkan lokasi tersebut untuk sekedar berfoto ria.

Taman Batu Cijanun, mungkin nama itu yang lebih ngehits. Lokasi wisata yang menyuguhkan peman‎dangan alam berupa mata air besar berhias taman batu ini, letaknya di Kampung Lembang Sari, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong. ‎

Di samping bisa menikmati suasana alam yang masih asri, di lokasi itu para wisatawan bisa bebas bermain air yang posisinya di atas pegunungan sambil menikmati pemandangan bebatuan serta alam yang indah berupa pegunungan hijau di sekitarnya.

Selain keindahan alam yang masih asri berupa perbukitan, pesawahan dan hutan, mungkin taman batu yang dihias di sekeliling mata air besar itu yang juga menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke sini. Tak heran, banyak di antara pengunjung pun memanfaatkan lokasi tersebut untuk sekedar berfoto ria.

Yang disebutkan tadi, mungkin hanya beberapa lokasi wisata saja. Mengingat, di Kabupaten Purwakarta banyak terdapat lokasi-lokasi eksotis lainnya.

Data dari dinas terkait, lokasi wisata di wilayah ini ada sekitar 45 titik yang tersebar di beberapa kecamatan yang ada. Kuy ahh, datang ke Purwakarta.

1
7

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini