nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Girls, Jaga Aset dengan Lakukan Pijat Payudara Rutin!

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Sabtu 08 Juni 2019 00:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 07 485 2064412 girls-jaga-aset-dengan-lakukan-pijat-payudara-rutin-PyMJooOWja.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu aset kebanggaan para kaum hawa adalah payudara. Meski memang tidak selalu nampak dengan jelas, tapi penting untuk senantiasa merawat kesehatan organ tubuh yang satu ini.

Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni rutin memijat payudara. Lantas, bagaimana sih cara melakukan pijat payudara?

Tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan manfaat dari pijat payudara ini. Anda hanya perlu meluangkan waktu sekitar 10-15 menit setiap harinya untuk memberikan pijatan pada payudara, dengan cara sebagai berikut:

Pertama-tama fokuskan pijatan pada satu payudara terlebih dahulu. Letakkan satu tangan di bagian atas payudara, dan satu tangan lagi di bagian bawahnya.

Pijat payudara dengan gerakan melingkar, sembari sedikit memberikan tekanan. Lakukan hal yang sama pada bagian payudara lainnya.

Pijat payudara dengan gerakan melingkar, sembari sedikit memberikan tekanan

Jika ingin sembari mengecek adanya benjolan yang berisiko kanker, Anda bisa melakukan pijatan di depan cermin atau sambil berbaring. Angkat salah satu tangan ke atas, dan tangan lainnya digunakan untuk memijat sekaligus memeriksa salah satu payudara.

Berikan tekanan yang ringan, sedang, sampai agak kuat saat memijat semua bagian payudara. Pastikan pijatan juga Anda lakukan sampai ke bagian ketiak yang berhubungan langsung dengan payudara. Ulangi hal tersebut pada bagian payudara yang lainnya.

Akhiri pijatan dengan sedikit meremas bagian puting susu. Jika terasa sakit yang tidak normal, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Demi memastikan kondisi payudara yang sesungguhnya, Anda bisa berdiri di depan cermin untuk melakukan pemeriksaan visual melalui penglihatan. Carilah perbedaan ukuran, bentuk, serta perubahan warna yang mungkin menandakan ada yang tidak beres dengan payudara Anda.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini