nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Oleh-Oleh dari Jawa Tengah yang Bisa Dibeli Sepanjang Jalur Arus Balik Mudik

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 08 Juni 2019 16:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 08 298 2064526 6-oleh-oleh-dari-jawa-tengah-yang-bisa-dibeli-sepanjang-jalur-arus-balik-mudik-pCktA7gyRQ.jpg Bandeng presto khas Semarang (Foto: Revi C. Rantung/Okezone)

Libur Idul Fitri segera berakhir. Mereka yang kembali ke kampung halaman alias mudik sudah mulai bersiap kembali ke ibu kota. Biasanya sebelum kembali sebagian besar orang terlebih dahulu membeli oleh-oleh.

Bagi Anda yang kampung halamannya berada di Jawa Tengah, ada oleh-oleh yang tidak boleh terlewatkan. Apa sajakah itu? Simak ulasan berikut ini seperti yang Okezone rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (8/9/2019) :

Bandeng presto Semarang

Ikan bandeng

Pulang dari Semarang belum lengkap tanpa membawa bandeng presto. Di sana banyak toko oleh-oleh yang menyediakan bandeng presto yang sudah diolah dan tinggal digoreng. Salah satu yang terkenal adalah Bandeng Juwana Elrina. Toko ini menyediakan bandeng presto yang tahan hingga 7 hari. Bahkan yang sudah di-wrap bisa tahan lebih lama.

Getuk goreng Sokaraja

Getuk goreng

Mendapatkan getuk goreng di daerah Sokaraja sangatlah mudah. Di sepanjang jalan raya berjejer toko oleh-oleh yang menjual getuk goreng. Makanan khas ini terbuat dari singkong dan dibaluri gula kelapa sehingga bercita rasa manis serta gurih. Sejumlah toko oleh-oleh juga menyediakan getuk goreng yang sudah dimodifikasi namun rasanya tak kalah lezat.

Intip Solo

Makanan di dalam plastik

Warga Solo pasti sudah tidak asing lagi dengan camilan satu ini. Terbuat dari kerak nasi yang dijemur hingga kering lalu digoreng, intip memiliki cita rasa beraneka ragam seperti manis, asin, gurih, dan gula jawa. Hal ini karena tambahan garam atau gula merah.

Lanting Kebumen

Lanting

Butuh makanan ringan untuk menemani perjalanan balik ke ibu kota? Lanting Kebumen bisa menjadi pilihan sekaligus oleh-oleh. Makanan ringan yang terbuat dari singkong ini memiliki bentuk unik lantaran seperti angka 8. Teksturnya renyah dan memiliki rasa beraneka ragam. Mulai dari bawang, keju, jagung, hingga pedas.

Sale pisang Cilacap

Makanan di dalam plastik

Jalur balik melewati Cilacap? Jangan lupa mampir membeli sale pisang. Oleh-oleh ini merupakan olahan pisang yang dipotong tipis dan kemudian dijemur hingga kering. Setelahnya digoreng dengan tambahan tepung. Rasanya manis dan ada tekstur kriuk dari tepung.

Telur asin Brebes

Telur asin

Terakhir ada telur asin Brebes yang sering dijadikan oleh-oleh. Berbeda dengan telur asin pada umumnya, telur asin ini ada yang diolah dengan cara dibakar atau diasapi. Tentu hal itu membuat cita rasanya memiliki kekhasan tersendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini