nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wisata Lebaran, Pulau Monyet Semarang Dibanjiri Ribuan Pengunjung

Taufik Budi, Jurnalis · Sabtu 08 Juni 2019 17:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 08 406 2064530 wisata-lebaran-pulau-monyet-semarang-dibanjiri-ribuan-pengunjung-niRturXWA1.jpg Pulau Monyet atau Goa Kreo di Semarang (Foto: Taufik Budi/Okezone)

Ribuan pengunjung memadati kawasan wisata Goa Kreo di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Ratusan ekor monyet di sekitar goa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Objek wisata Goa Kreo memang memiliki keunikan tersendiri terbentuk oleh alam. Selain itu, lokasinya juga berada di tengah-tengah Waduk Jatibarang, sehingga terlihat seperti pulau yang dihuni kawanan monyet di Semarang.

Setiap pengunjung yang datang bisa dengan leluasa menyaksikan monyet-monyet ekor panjang yang berkeliaran. Banyak pula yang terlihat seolah menyambut kedatangan pengunjung dengan duduk atau berlarian di sepanjang jalan maupun tangga masuk.

 Para wisatawan di Goa Kreo

Pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang eksotis. Udara sejuk dengan banyaknya pepohonan. Permukaan danau yang tenang akan terlihat berkilauan kuning kemerahan, terutama saat menjelang senja.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Semarang Indriyasari menyampaikan, terjadi peningkatan pengunjung sangat signifikan pada masa libur Lebaran Idul Fitri 1440 H. Bahkan bertepatan dengan Hari Lebaran jumlah pengunjung nyaris menembus angka 1.000 orang.

"Jumlah pengunjung pada Hari Lebaran Rabu 5 Juni mencapai 989 orang. Sehari kemudian, jumlahnya membludak menjadi 3,105 pengunjung. Lalu pada Jumat 7 Juni sebanyak 3,645 orang," ujar Indriyasari, Sabtu (8/6/2019).

 Goa Kreo

Perempuan berparas ayu itu menambahkan, lonjakan jumlah pengunjung juga terjadi di sejumlah objek wisata. Dia menyebut, Taman lele, Tinjomoyo, Semarang Zoo, Grand Maerokoco, Lawang Sewu, Sampokhong, dan Pantai Marina menjadi tempat favorit untuk menghabiskan waktu libur Lebaran.

"Selain itu masih ada lokasi lain yang juga padat pengunjung. Misalnya Simpang Lima, MAJT, serta Kampung Pelangi. Tempat-tempat ini free alias tidak berbayar, jadi agak susah menghitung jumlah pastinya," lanjut Iin.

Bagaimana dengan Anda? Siap menjelajahi wisata Kota Semarang?

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini