nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Aman Berkendara saat Arus Balik Mudik

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 08 Juni 2019 20:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 08 612 2064565 5-tips-aman-berkendara-saat-arus-balik-mudik-vsNQhzBQdy.jpg Ilustrasi mudik (Foto: Okezone)

Tak lama lagi libur Idul Fitri akan berakhir. Sejumlah pemudik mulai meninggalkan kampung halaman dan kembali ke ibukota guna mempersiapkan diri menjalani aktivitas seperti biasa. Arus balik mudik sudah mulai terlihat di beberapa titik. Entah itu stasiun, terminal, bandara, maupun sejumlah jalur.

Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk kembali ke ibu kota, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisa sampai di tempat tujuan dengan selamat. Melansir Safewise, Sabtu (8/9/2019), inilah tips aman berkemudi selama arus balik mudik:

Periksa kendaraan

Sebelum memulai perjalanan, pastikan kendaraan entah itu mobil atau sepeda motor layak pakai. Periksalah tekanan ban dan oli kendaraan. Bagi yang berkendara menggunakan mobil, pastikan air radiator cukup dan membawa ban cadangan. Selain itu, perhatikan selalu tingkat bahan bakar. Jangan sampai kehabisan bensin di jalan.

 Mobil membawa pemudik

Kenakan pengaman

Tentunya untuk memastikan perjalanan aman, pengemudi maupun penumpang harus menggunakan alat pengaman. Bagi yang berkendara dengan mobil, pastikan untuk selalu memasang sabuk pengaman. Sedangkan bagi pengendara sepeda motor, gunakan selalu helm, masker, jaket, dan sepatu. Dengan mengenakan alat pengaman, maka bisa mengurangi risiko terluka selama perjalanan.

 Perempuan menguap di dalam mobil

Beristirahat

Tak sedikit orang yang berfokus sampai ke tempat tujuan sesegera mungkin tanpa memerhatikan kondisi fisik tubuhnya. Padahal bisa saja tubuh merasa lelah dan butuh istirahat sejenak. Sebaiknya, jangan paksakan diri untuk tetap berkendara.

Apabila mata terasa mengantuk dan tubuh lelah saat mudik, segera cari tempat peristirahatan. Beristirahat dapat membuat tubuh kembali bugar sehingga bisa lebih hati-hati saat mengemudikan kendaraan. Sebaliknya, jika memaksakan diri malah bisa meningkatkan risiko kecelakaan.

Lakukan peregangan

Selain beristirahat, luangkan waktu untuk meregangkan tubuh sebentar. Lakukan gerakan sederhana seperti tengok kanan dan kiri, putar pinggang ke kanan dan kiri, atau berjinjit. Peregangan dapat meredakan tegang pada otot lantaran berkemudi dalam waktu lama.

Bawa camilan sehat

Selama perjalanan, tubuh tetap membutuhkan energi. Bawalah makanan atau camilan yang sehat. Bisa buah, salad, yoghurt, roti isi, air mineral, atau susu. Semuanya dapat membantu menambah energi. Tidak disarankan untuk makan berat kecuali setelahnya akan beristirahat. Sebab makan terlalu banyak dapat menyebabkan kantuk yang malah berdampak fatal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini