nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cari Kerjaan Baru Setelah Lebaran? Ini Tips Hadapi Sesi Wawancara HRD

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 09 Juni 2019 09:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 09 196 2064628 cari-kerjaan-baru-setelah-lebaran-ini-tips-hadapi-sesi-wawancara-hrd-qDcyP8s1Hh.jpg Melamar kerja usai Lebaran (Foto: Monsterindia)

SUDAH menjadi rahasia umum, jika masa pasca Lebaran di Indonesia banyak kalangan pegawai yang berbondong-bondong mencari pekerjaan di tempat usaha atau perusahaan yang baru.

Nah, untuk Anda yang memang sudah berniat untuk pindah tempat kerja setelah libur Lebaran ini. Sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik dari sekarang, salah satunya mempersiapkan diri untuk bisa menghadapi aneka pertanyaan yang akan diberikan oleh staf HRD (Human Resource Department) yang bertugas untuk menyeleksi calon pelamar sampai bisa diterima di satu perusahaan.

Bisa menaklukkan sesi interview alias wawancara dengan HRD ini ada kiatnya tersendiri loh! Seperti apa? Yuk simak dulu pemaparannya di bawah ini, seperti dilansir Careersgovt.

1. Persiapkan penampilan diri

Datang tepat waktu sesuai jadwal wawancara yang dijadwalkan, berpakaian rapi dan sopan, berikan senyuman ramah saat bertemu orang di kantor tersebut, dan bersikaplah profesional begitu melangkahkan kaki ke dalam gedung perusahaan tempat Anda melamar.

2. Jawab dengan jelas

Menjawab pertanyaan di sini maksudnya adalah, berbicaralah dengan vokalisasi yang jelas, dan beri variasi pada tone alias nada bicara untuk menunjukkan bahwa Anda tertarik dan antusias.

Wawancara kerja

3. Pikirkan jawaban terlebih dahulu

Jangan tergesa-gesa dalam menjawab. Luangkan waktu untuk memikirkan setiap pertanyaan sebelum menjawab sehingga dapat memberikan respons jawaban yang baik dan pas.

4. Dengar dengan seksama 

Usai Lebaran dan ada wawancara HRD? Dengarkan pertanyaan dengan hati-hati dan biarkan pewawancara memimpin alur pembicaraan. Jika tidak mengerti pertanyaan yang diberikan, minta dijelaskan atau diulang kembali.

5. Tahan emosi

Tahan emosi di sini maksudnya adalah, seburuk apapun pengalaman di tempat kerja yang lama. Tahan emosi diri untuk tidak menceritakan atau mengkritik tempat kerja atau atasan yang lama, bahkan soal rekan kerja yang lama pun!

6. Beri contoh

Jangan hanya bicara panjang lebar, tapi paparkan contoh jelas dari pengalaman yang bisa mendemonstrasikan pengetahuan dan kemampuan diri.

7. Percaya diri

Tunjukkan kepercayaan diri pada keterampilan diri dan bersikap positif tentang apa yang telah dilakukan selama ini. Misalnya, alih-alih menggunakan frasa seperti "Saya hanya punya ..." atau "Saya tidak punya ..." beri tahu calon atasan baru ini apa yang diri kita bisa tawarkan.

8. Metode STAR (situation, task, action, result) 

Situasi, jelaskan seperti apa situasinya. Task, jelaskan tentang tugas-tugas kewajiban yang harus Anda lakukan. Action, penjelasan tentang apa usaha yang dilakukan untuk menyelesaikan tugas tersebut dengan baik. Result, penjelasan tentang hasil akhir pencapaian dari tugas tersebut. Gunakan metode ini

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini