nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keindahan Bukit Tersembunyi Jeneponto, Tempat Wisata Baru di Sulsel

Herman Amiruddin, Jurnalis · Minggu 09 Juni 2019 17:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 09 406 2064718 keindahan-bukit-tersembunyi-jeneponto-tempat-wisata-baru-di-sulsel-YwdMeSqIeZ.jpg Tempat Wisata Jeneponto. (Foto: Okezone)

MOMEN bersilaturahmi bersama keluarga, sebagian warga ada yang mengisi hari liburan lebaran dengan mengunjungi tempat wisata. Seperti halnya warga Makassar maupun di daerah lainnya yang ada di Sulawesi Selatan.

Tempat wisata yang menjadi salah satu pilihan warga yakni menikmati pemandangan perbukitan yang hijau dan air terjunnya.

Objek wisata air terjun itu bernama Tamalulua dan bukit Bossolo, yang berada Desa Ramba, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Objek wisata ini paling hits di kalangan anak muda namun lokasinya tersembunyi di dataran tinggi Kabupaten Jeneponto.

Baca Juga: 10 Pekerjaan yang Meningkatkan Risiko Kanker

Di tempat ini tersedia tempat swafoto bagi para pengunjung. Ada latar hiasan saran tawon dan pohon.

Dari pantauan Okezone, sejumlah pengunjung ramai berdatangan ke tempat wisata ini. Di tempat ini tersedia tempat swafoto bagi para pengunjung. Ada latar hiasan saran tawon dan pohon.

Terdapat pula dua gazebo sebagai tempat istirahat. Selain ada beberapa warung yang menyediakan minuman segar bagi para pengunjung. Namun, sayang jika hujan turun, kabut putih menutupi sebagian bukit dan air terjun tak terlihat.

Meski hujan mengguyur tempat wisata ini, sejumlah muda-mudi Jeneponto maupun dari luar Kabupaten Jeneponto terus berdatangan. Bahkan mereka tetap bersemangat swafoto bersama di tengah gerimis.

Baca Juga: Janda-Janda Strong, Foto Nomor 4 Awas Lihatnya Gak Bakal Kuat!

Di tempat ini tersedia beberapa lokasi foto yang sangat cocok bagi Anda.

Di tempat ini tersedia beberapa lokasi foto yang sangat cocok bagi Anda. Posisi yang pas untuk melakukan swafoto adalah di bukit bertulis bukit Bossolo dengan latar belakang air terjun Tamalulua dan pemandangan alam yang hijau yang eksotis memanjakan mata.

Sementara bagi wisatawan yang ingin ke air terjun, harus turun dari bukit melewati anak tangga yang tersedia di sini. Jalurnya hanya satu untuk menjangkau dengan jarak kurang lebih 700 meter.

Objek wisata ini terbilang murah, pasalnya pengelola hanya membebani tiap pengunjung membayar Rp5.000 per orangnya sesekali masuk. Sementara biaya parkir kendaraan Rp2.000 1 unit sepeda motor. Tempat wisata ini dikelola oleh aparat desa dan pemuda setempat untuk wisata rakyat.

Setelah membayar uang masuk di loket, pengunjung bisa menikmati sepuasnya pemandangan air terjun yang diapit bukit hijau dan hamparan sawah. Seorang penjual, Suni Daeng Sungguh (45) mengatakan lokasi wista ini ramai di kunjungi di waktu-waktu hari libur, atau akhir pekan.

"Kalau hari-hari biasa kurang ramai. Nanti kalau hari Minggu baru ramai. Saya juga tidak sering menjual nanti saat ramai pengunjung seperti hari Minggu," kata Ibu Suni yang sudah hampir 3 tahun berjualan di objek wisata ini.

Lebih lanjut ia mengatakan, sejak hari pertama lebaran Idul Fitri pengunjung sudah ada yang datang. Ia mengaku, jelas ada peningkatan pengunjung dibanding hari-hari biasanya. "Ada peningkatan sejak dua hari setelah lebaran. Paling banyak pengunjung dari luar Kabupaten Jeneponto, seperti Makassar," lanjutnya

Paling banyak pengunjung dari luar Kabupaten Jeneponto, seperti Makassar,

Air terjun ini mulai terkenal dan digemari kalangan muda yang hobi travelling atau berfoto dengan alam. Untuk sampai ke tempat ini pengunjung harus menempuh jarak sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Makassar.

Meski terbilang jauh, ada akan disuguhi pemandangan hijau yang eksotis dan terhampar luas jika sudah tiba di Desa Ramba, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini