nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cerita Perjuangan Fitri Tropica untuk Hamil karena PCOS

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 10 Juni 2019 18:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 10 481 2065053 cerita-perjuangan-fitri-tropica-untuk-hamil-karena-pcos-CvF52cgzcF.jpg Perjuangan Fitri Tropica untuk hamil (Foto : @fitrop/Instagram)

Kabar bahagia datang dari selebriti Fitri Tropica. Setelah lama menikah, dirinya dan sang suami kini bersiap menyambut kelahiran anak pertama mereka. Ya, perempuan berdarah Sunda itu tengah mengandung anak pertamanya dan usia kehamilan sudah memasuki trimester kedua.

Lewat akun Instagram pribadinya, Fitri Tropica menceritakan perjalanan dan perjuangannya untuk hamil. Perempuan yang sudah menikah kurang lebih 5 tahun itu pada awalnya tidak mengetahui alasan dirinya tak kunjung hamil. Namun ia memiliki rasa curiga karena siklus menstruasinya tidak teratur.

“Beberapa kali sempet periksa beberapa obgyn selalu came up dengan jawaban “normal kok, gak ada kista miom atau pun polip” Kalo normal tapi kenapa siklusnya bisa ngaco?” tulis perempuan yang akrab disapa Fitrop itu seperti yang dikutip Okezone, Senin (10/6/2019).

Kemudian pada bulan Mei tahun lalu, Fitrop sempat membaca informasi tentang PCOS yang dibagikan oleh model dan bintang iklan sekaligus dokter, Mesty Ariotedjo. Saat itu Fitrop merasa gejala PCOS sama dengan gejala yang dialaminya. Dari situlah dirinya kemudian saling bertukar informasi dan memutuskan untuk berobat ke salah satu dokter ob-gyn guna mengatasi PCOS yang dimilikinya.

Fitri Tropica Hamil

Lantas, apakah sebenarnya PCOS itu? Melansir Fox News, PCOS memiliki kepanjangan polycystic ovarian syndrome (PCOS) dan merupakan sindrom yang menyebabkan masalah infertilitas pada perempuan secara umum. PCOS terjadi karena ketidakseimbangan hormon reproduksi sehingga mengganggu pertumbuhan dan pelepasan telur dari ovarium selama ovulasi. Hal ini membuat perempuan tidak mengalami menstruasi secara teratur dan sulit untuk hamil.

Kembali ke Fitrop, pada akhirnya ia memutuskan untuk mengatasi PCOS. Dirinya berpikir selama ada yang salah dengan tubuhnya cara apapun yang dilakukannya untuk hamil, entah itu program atau bayi tabung, takut hasilnya tidak sesuai harapan. Akhirnya pada akhir tahun lalu, perempuan bernama asli Fitri Rakhmawati itu mengunjungi dokter ob-gyn yang berfokus pada PCOS.

“Berdasar hasil lab dll ketauan lah klo aku ada PCOS genetik turunan dr mamah, krn mamah pun dulu begitu. Dan pengobatan pun dimulai dgn cara merapikan siklus bulanan. Dikasih obat agar mens, dan penyubur yang diminum di hari ke 3 saat dtg bulan,” terang Fitrop.

Cara lain yang dilakukannya adalah menggunakan minyak aroma terapi dan menjalani saran dari salah satu dokter untuk tidur di bawah jam 10 malam. Pada awal tahun di Januari dan Februari, Fitrop mengatakan jika siklus menstruasinya berlangsung normal.

Di bulan ketiga, dia sempat merasa khawatir jika PCOS kambuh karena dia berpikir terlambat mendapatkan menstruasi. "Padahal obat rutin minum. Akhirnya berkat saran dr @tommygpratama aku pun memberanikan untuk testpack, Garis 2 itu pun Alhamdulillah muncul. #MasyaAllah #Tabarakallah,” tutup Fitri Tropica.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini