nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Gejala PCOS yang Membuat Fitri Tropica Sempat Susah Hamil

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 11 Juni 2019 04:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 10 481 2065087 kenali-gejala-pcos-yang-membuat-fitri-tropica-sempat-susah-hamil-fW6hpJ3S3m.jpg Fitri Tropica sempat susah hamil (Foto : @fitrop/Instagram)

Tak sedikit pasangan yang telah lama menikah namun tak kunjung mendapatkan buah hati, contohnya dialami artis Fitri Tropica. Penyebabnya bisa bermacam-macam, entah dari pihak pria maupun pihak wanita. Pada wanita, salah satu penyebab umum sulit hamil karena polycystic ovarian syndrome (PCOS).

Wanita yang memiliki PCOS biasanya tidak mengalami menstruasi secara teratur dan sulit untuk hamil karena terganggunya pertumbuhan dan pelepasan telur dari ovarium selama ovulasi. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab seorang wanita mengalami PCOS seperti yang dialami Fitri Tropica. Namun kondisi ini berkaitan dengan kelebihan insulin, peradangan tingkat rendah, dan genetika.

Melansir Medical News Today, Selasa (11/6/2019), PCOS diduga memiliki komponen genetik. Wanita yang memiliki ibu atau saudara perempuan dengan PCOS lebih mungkin mengalami kondisi yang sama. Genetika itulah yang merupakan faktor risiko utama wanita mengalami PCOS.

fitri tropica pcos

Faktor risiko lainnya adalah kelebihan insulin. Seperti yang diketahui, gula adalah sumber energi utama untuk tubuh. Kadar gula dalam tubuh diatur oleh insulin yang dikeluarkan oleh pankreas. Namun pada wanita yang mengalami resistensi insulin, pankreas mengeluarkan insulin secara berlebihan. Kelebihan insulin diduga memengaruhi kemampuan wanita berovulasi karena pengaruhnya terhadap produksi androgen.

Sementara itu, penelitian menunjukkan wanita dengan PCOS biasanya mengalami peradangan tingkat rendah. Hal itu pula yang dapat merangsang ovarium polikistik untuk menghasilkan androgen. Pada akhirnya kondisi ini dapat menyebabkan kesulitan untuk hamil.

Selain ketiga faktor risiko, masih ada risiko kesehatan lain yang membuat wanita memiliki PCOS. Mulai dari mengidap diabetes tipe 2, kadar kolesterol tinggi, peningkatan lipid, memiliki penyakit hati, mengalami perdarahan uterus abnormal, tekanan darah tinggi, obesitas, sindrom metabolik, steatohepatitis, hingga depresi dan kecemasan

PCOS biasanya ditunjukkan dengan beberapa gejala meliputi menstruasi yang tidak teratur, kadar androgen berlebih, mengalami sleep apnea, tingkat stres yang tinggi, masalah kulit, kelelahan, nyeri panggul, sulit mengatur berat badan, pertumbuhan rambut di wajah dan tubuh yang berlebihan, hingga penurunan libido.

Meski demikian, wanita yang memiliki PCOS masih memiliki kesempatan untuk hamil seperti yang dialami Fitri Tropica. Sebab, PCOS bisa ditangani melalui serangkaian terapi dan menjalani pola hidup sehat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini