nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kulit Kusam Sehabis Liburan? Kenali 7 Penyebabnya

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 10 Juni 2019 17:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 10 611 2065025 kulit-kusam-sehabis-liburan-kenali-7-penyebabnya-yD4835w86t.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KEMBALI ke aktivitas semula, mungkin membuat beberapa perbedaan pada tubuh Anda. Salah satunya adalah kulit yang menjadi kusam lantaran terpapar sinar matahari dan kelelahan selama berlibur.

Ada beberapa penyebab kulit kusam. Bagi Anda yang memiliki kulit kusam seusai liburan Lebaran, tidak perlu khawatir, sebab, kondisi itu dapat diatasi. Berikut ulasannya seperti yang Okezone rangkum dari Allure.

1. Kulit kusam karena terpapar sinar matahari

Selama liburan, Anda mungkin sering berada di luar ruangan dalam waktu lama. Entah itu mengunjungi obyek wisata, berada dalam perjalanan, atau aktivitas lainnya. Terus-menerus terpapar sinar matahari dapat mengakibatkan hiperpigmentasi yang ditandai dengan bintik-bintik berwarna hitam.

Selain itu, sinar matahari juga dapat menyebabkan kolagen melemah sehingga kulit menjadi kendur dan kusam. Untuk mengatasinya gunakan selalu tabir surya saat hendak beraktivitas di luar ruangan. Sedangkan untuk perawatan kulit kusam cobalah menggunakan produk yang mengandung retinol setiap malam.

Produk tersebut melindungi kolagen dari kerusakan dan membangun lebih banyak protein struktural. Kemudian gunakan pula serum atau krim dengan bahan yang cerah.

Hilangnya hidrasi dari bawah permukaan kulit dapat menyebabkan penurunan ketebalan kulit.

2. Kulit kusam karena mengalami dehidrasi

Tanpa kelembapan, kulit terlihat kusam. Salah satu pemicunya adalah dehidrasi. Hilangnya hidrasi dari bawah permukaan kulit dapat menyebabkan penurunan ketebalan kulit.

Untuk mengatasinya, cobalah gunakan serum yang mengandung asam hialuronat saat kulit masih dalam kondisi wajah. Kemudian gunakan pelembap dengan emolien kuat seperti cetyl alcohol atau dimethicone.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan hidrasi tubuh. Minumlah sedikitnya dua liter air atau delapan gelas setiap harinya.

Minumlah sedikitnya dua liter air atau delapan gelas setiap harinya.

3. Kulit kusam karena kurang asupan mineral

Selama liburan, kebanyakan orang cenderung makan sesuka hati. Mereka tidak memerhatikan kandungan vitamin dan mineral makanan yang dikonsumsinya.

Padahal, mineral sangat penting untuk membentuk antioksidan alami tubuh yang melindungi komponen kulit agar tetap sehat dan bercahaya. Sebagai solusi, cobalah minum multivitamin setiap hari yang mengandung selenium, tembaga, besi, dan seng.

4. Sel kulit mati

Tubuh memiliki jutaan sel yang terus mengalami regenerasi termasuk sel kulit. Biasanya sel-sel kulit mati akan luruh dengan sendirinya. Namun ada kalanya sel kulit mati tetap berada di kulit sehingga membuatnya menjadi kusam.

Untuk menghilangkannya, gunakan lulur gula atau jojoba ester yang bertekstur kasar pada kulit. Bisa juga lidah buaya dan teh hijau untuk mengangkat sel kulit mati serta meminimalkan risiko iritasi.

Bisa juga lidah buaya dan teh hijau untuk mengangkat sel kulit mati serta meminimalkan risiko iritasi.

5. Karena stres

Tumpukan pekerjaan, pertengkaran dengan kerabat, maupun kurang tidur dapat membuat seseorang mengalami stres. Rasa stres itu turut memengaruhi kulit sehingga menjadi kusam. Cobalah untuk bersantai sedikit guna menghilangkan stres.

Cobalah pijat wajah dengan cepat sambil membersihkan atau mengoleskan pelembap. Cara ini dapat menstimulasi aliran darah yang akan menambah kilau dan menyuburkan kulit.

6. Kesalahan perawatan kulit

Meskipun Anda rutin menggunakan produk perawatan namun cenderung malas membersihkan kulit sehabis bepergian, hal itu dapat membuat kulit terpapar radikal bebas. Radikal bebas merusak kolagen dan merangsang produksi pigmen berlebih yang pada akhirnya membuat kulit terlihat kusam.

Maka dari itu, rajinlah mencuci wajah terutama sebelum tidur. Jangan lupa gunakan serum dan lotion yang mengandung antioksidan sehabis membersihkan wajah guna mengurangi risiko kerusakan kulit.

 Radikal bebas merusak kolagen dan merangsang produksi pigmen berlebih

7. Masalah hormon

Saat kadar hormon berfluktuasi karena pubertas, menopause, obat-obatan, atau keadaan tak terkendali lainnya, kondisi itu dapat memengaruhi penampilan kulit termasuk membuatnya tampak kusam. Untuk mengatasinya cobalah gunakan masker tanah liat dan berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan perawatan yang tepat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini