nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Rahasia Wanita Jepang Tetap Langsing dan Awet Muda

Annisa Aprilia Nilam Sari, Jurnalis · Selasa 11 Juni 2019 00:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 10 611 2065094 10-rahasia-wanita-jepang-tetap-langsing-dan-awet-muda-qjLiHubDRl.jpg Wanita Jepang

SIAPA pun pasti ingin sehat dan bugar seperti mayoritas wanita Jepang, tapi ketika diminta menjalani gaya hidup sehat yang benar, belum tentu semua mau menjalaninya. Biasanya, keengganan itu muncul karena anggapan bahwa cara pola hidup sehat rumit dan tidak menyenangkan.

Jarang sekali kita temukan wanita Jepang mengalami masalah obesitas atau kesehatan yang berat. Bahkan, banyak penduduk di sana memiliki rata-rata usia tertinggi di dunia soal harapan hidup yaitu 83-84 tahun. Banyak orang Jepang yang sudah berusia 70 tahun ke atas namun tetap bugar dan prima.

Ternyata, alasan dari itu semua adalah pola gaya hidup yang sehat seperti rajin bergerak, memilih makanan yang sehat, hingga metode masak yang benar. Bagi mereka, makanan bukan hanya asupan untuk dinikmati rasanya. Sumber nutrisi yang mereka pilih untuk makan tersebut juga harus memberi manfaat kesehatan untuk tubuh.

Dilansir dari berbagai Medical News, berikut ini adalah alasan mengapa wanita Jepang selalu awet muda dan langsing.

Makan Porsi Lebih Kecil

Wanita Jepang suka makan porsi kecil

Wanita Jepang lebih memilih makan dalam porsi yang lebih kecil. Untuk ukuran wadah makan pun sangat diperhatikan oleh mereka. Dengan menggunakan piring atau mangkuk yang kecil bisa membantu mereka untuk mengontrol jumlah asupan yang masuk kedalam tubuh dan menghindari makan yang berlebihan.

Rajin Jalan Kaki

Wanita Jepang memakai kimono jalan kaki

Bagi wanita Jepang, berjalan adalah latihan menahan beban, dan dapat meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru, serta mengurangi berbagai risiko penyakit. Selain itu, orang Jepang lebih suka berjalan di kota-kota yang penuh sesak untuk meminimalkan kemacetan lalulintas, dan menurut kepercayaan mereka berjalan dianggap sebagai ritual Buddha. Cukup berjalan selama 30 menit setiap hari dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh Anda. Pilih untuk naik tangga daripada lift, berjalanlah alih-alih menggunakan kendaraan ke tempat tujuan.

Tidak Makan Sambil Jalan

Wanita Jepang makan sambil duduk

Di waktu dan usia saat ini, sangat sulit untuk mencari waktu beristirahat dan menikmati suatu makanan, apalagi jika harus makan tiga kali sehari. Makan pada saat berjalan ternyata tidaklah sehat dan memiliki efek buruk untuk tubuh. Orang Jepang lebih memilih duduk dan menikmati makanan mereka di meja makan. Dengan begitu, mereka bisa mengunyah makanan secara perlahan. Dalam kebudayaan mereka, hal tersebut juga merupakan suatu yang tidak sopan.

Metode Masak yang Sehat

Wanita Jepang Memasak Makanan Sendiri di Dapur

Selain menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, metode masak yang sehat juga sangat diperhatikan oleh wanita Jepang. Orang Jepang memiliki berbagai macam teknik untuk memasak makanannya, yaitu dengan merebus atau memanggang makanan. Dengan begitu, bisa mengurangi kandungan lemak jenuh yang masuk ke tubuh. Cara memasak seperti ini juga bisa membantu Anda untuk menjaga nutrisi dan cita rasa dari makanan tersebut.

Berlatih Seni Bela Diri

Latihan bela diri wanita Jepang

Bagi sebagian banyak orang sangatlah tidak asing mendengar bela diri Sumo, Karate, dan Judo. Wanita  Jepang sangat menyukai berlatih seni bela diri, selain dapat meningkatkan pertahanan diri, olahraga ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang mampu membuat menjadi lebih bugar dan menjaga bentuk tubuh. 

Berendam di Kolam Air Panas

Berendam merupakan kebiasaan wanita Jepang

Jika anda pergi ke Jepang, hal yang harus anda coba adalah onsen atau pemandian umum air panas. Bagi masyarakat Jepang, berendam di onsen harus dilakukan minimal dua kali dalam sebulan. Berendam dapat membantu memulihkan stamina dan menjaga kesehatan. Kandungan mineral yang ada di sana memiliki khasiat yang baik untuk sistem peredaran darah dan kulit wanita Jepang.

Memakan Dessert Sehat

Desert sehat ala wanita Jepang

Ketika kita mendengar kata dessert, hal yang terpikirkan adalah kue, es krim atau makanan yang tidak sehat lainnya. Namun bagi wanita Jepang, mereka lebih memiliki buah-buahan serta makanan yang terbuat dari beras atau kacang yang rendah akan gula.

Manajemen Stres

Wanita Jepang menangkal stres dengan jalan jalan

Kita semua tahu bahwa stress dapat merusak tubuh dalam jangka waktu panjang. Namun banyak sebagian orang yang meremehkan hal ini, bagi berbagai orang stress dapat mempengaruhi tubuh kita dalam berbagai cara. Selain dapat menganggu beberapa organ tubuh, stress juga dapat menyebabkan obesitas dan membuat wajah terlihat lebih tua.

Masakan Rumah

Menu makan orang Jepang

Berbeda dari kebiasaan orang barat yang lebih memilih makanan junk food, bagi orang Jepang mereka tidak menjadikan suatu kebiasaan untuk memakan makanan cepat saji dan lebih memilih masakan rumah merupakan suatu keharusan. Hal tersebut karena makanan cepat saji tidak sehat.

Rutinitas Perawatan Kulit

Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang cantik dan sempurna. Mereka cenderung terlihat lebih muda karena kulit yang tampak tidak menua. Namun hal ini tidak didapatkan dengan sendirinya. Wanita Jepang memiliki berbagai rutinitas perawatan kulit agar mereka terlihat awet muda. Selepas menggunakan riasan wajah seharian, kita diharuskan untuk menghapus hingga bersih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini