nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nonton Festival Sriwijaya 2019, Jangan Lupa Cicipi Pempek Hingga Es Kacang Merah

Selasa 11 Juni 2019 08:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 11 406 2065167 nonton-festival-sriwijaya-2019-jangan-lupa-cicipi-pempek-hingga-es-kacang-merah-1dxfbK0WEW.jpg Foto: Istimewa

PALEMBANG – Kalian ada rencana nonton Festival Sriwijaya 2019 di Palembang pada 16-22 Juni nanti? Kalau ya, jangan lupa cicipi kuliner khasnya. Semua ikon kuliner khas Sumatera Selatan (Sumsel) akan diperkenalkan di even tersebut.

"Kuliner tidak bisa dipisahkan dari pariwisata, itu justru semakin memperkuat sektor pariwisata. Dampaknya akan dirasakan langsung masyarakat," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya mengomentari Festival Sriwijaya itu, Senin(10/6/2019)

Bagi yang penasaran, Anda bisa langsung datang ke Festival Sriwijaya 2019. Sebagai bahan rekomendasi, And bisa mulai dengan mencicipi pempek yang ikonik dari Sumsel.

Format menu dan racikan pempek tersebut disiapkan dengan serius. Adonan daging ikan dan sagu bakal dimodifikasi dengan tahu, udang, telur dan lainnya. Belum lagi tambahan saus khusus yang terbuat dari campuran gula merah, cabe, bawang putih, garam dan udang ebi. Usai mencicipi itu, Anda dijamin bikin ketagihan.

Kemudian jangan lupakan tekwan punya cerita tersendiri. Bakso khas Palembang ini bakal disajikan dengan bakso ikan, mi putih, kuah bening. Rasanya dijamin khas karena terbuat dari sari kelapa udang serta daun bawang.

Setelah itu ada Laksan, makanan yang disajikan dalam kuah bersantan. Penyajiannya sangat mirip dengan lontong sayur.

Cemilannya juga tak kalah menariknya, salah satunya jajak martabak. Komposisinya sama dengan daerah lain di Indonesia. Namun yang membedakan adalah cara menyantapnya, yang mana Martabak Palembang paling sip disantap dengan kuah kental.

Mau coba yang segar-seger juga ada, seperti semangkok es kacang merah. Tekstur kacang yang lembut dicampur dengan santan dan gula jawa dijamin bikin kecanduan. Rasanya manis dan segar.

"Kuliner khas kota Palembang sangat menggoyang lidah. Semua dapat dinikmati di Festival Sriwijaya XVIII 2019. Silakan datang dan buktikan sendiri," tutur Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar Esthy Reko Astuty.

Sementara Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati mengatakan, Festival Sriwijaya sangat bergengsi.

Festival Sriwijaya ini menjadi napak tilas kebesaran Kerajaan Sriwijaya di masa lalu. Sriwijaya menjadi besar karena bisa menyatukan beberapa daerah di Tanah Air. Festival ini akan memberikan gambaran bahwa Sriwijaya adalah kerajaan besar yang pernah merasakan masa keemasan,” ucapnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini