nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Mencegah Bayi Menangis di Pesawat

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 11 Juni 2019 08:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 11 406 2065171 5-cara-mencegah-bayi-menangis-di-pesawat-Q0Y9WlidI4.jpg Mencegah bayi nangis di pesawat (Foto: Geobaby)

NAMA Angela Gilsha kembali mencuri perhatian. Kali ini lantaran dirinya meluapkan emosi gara-gara ada bayi menangis di pesawat yang ditumpanginya. Hal itu pun mencuri perhatian dari sejumlah orang termasuk selebriti. Tak sedikit yang mengkritik ucapannya.

Namun di sisi lain, beberapa orangtua mungkin ada yang merasa khawatir bila hendak membawa bayinya bepergian dengan pesawat terbang. Sebab, bisa saja bayi menangis di pesawat dan mengganggu penumpang lainnya. Jika Anda termasuk dalam kategori orangtua ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Melansir The Travel, Senin (10/6/2019), inilah 5 cara untuk mencegah bayi menangis di pesawat :

Membawa mainan bayi

Trik pertama agar penerbangan dengan bayi berjalan lancar adalah menciptakan suasana senyaman mungkin. Orangtua bisa mengusahakan suasana di dalam pesawat terbang sama seperti di rumah. Caranya adalah dengan membawa mainan favoritnya atau benda apapun yang membuatnya teringat rumah. Bawalah 2-3 mainan untuk mengalihkan fokus bayi selama penerbangan. Mainan itu bisa diberikan sebelum bayi menangis atau setelahnya. Selain mainan, menyetelkan video dan lagu favorit bayi bisa menjadi pilihan.

 Bayi dalam pesawat

Menidurkan bayi

Banyak orang tua yang mengubah jadwal tidur bayi mereka selama perjalanan. Entah itu menidurkan bayi sebelum penerbangan maupun membiarkannya tetap terjaga. Cara ini sebenarnya adalah kesalahan. Menurut para ahli, hal itu malah bisa membuat bayi rewel karena merasa terlalu lelah atau terlalu bersemangat karena sudah beristirahat. Oleh karenanya, biarkan bayi memiliki jadwal tidur yang semestinya saat bepergian dengan pesawat. Selain itu, orangtua juga bisa memilih jadwal terbang sesuai dengan jadwal tidur bayi.

Memberikan susu dalam botol

Para ahli mengatakan jika waktu lepas landas dan pendaratan adalah waktu tersulit bagi bayi karena adanya perbedaan tekanan. Telinga bayi yang jauh lebih sensitif bisa terasa sakit saat menghadapi perubahan tekanan. Cara terbaik yang bisa dilakukan oleh orangtua adalah memberikan bayi mereka susu dalam botol karena menghisap dot membantu telinga bayi menghadapi perubahan tekanan. Orangtua juga bisa memberikan dot atau empeng saat lepas landas maupun pendaratan.

 Bayi dalam pesawat

Menenangkannya

Apabila bayi sudah terlanjur menangis, ada cara yang bisa dicoba untuk menenangkannya sesegera mungkin. Dalam situasi stres, bayi suka dipantulkan. Caranya, orangtua bisa memangku bayi mereka lalu menggerakkan kaki seperti berjinjit atau menekuk lutut secara berulang. Para ahli mengatakan memantulkan bayi akan sangat membantu saat lepas landas atau mendarat karena bayi tidak menyukai perubahan tekanan. Cara ini dapat mengalihkan perhatian bayi.

Cari tahu alasan bayi menangis

Terakhir, apabila tangis bayi tak kunjung mereda, orangtua harus segera mencari tahu penyebab bayinya menangis. Apakah itu haus, popok yang penuh, atau merasa stres. Orangtua bisa mengatasi penyebab bayi menangis di pesawat dengan memberi makan, mengganti popok, atau menghiburnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini