4 Cara Atasi PCOS, Kondisi yang Membuat Fitri Tropica Sulit Hamil

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 11 Juni 2019 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 11 481 2065187 4-cara-atasi-pcos-kondisi-yang-membuat-fitri-tropica-sulit-hamil-UIpeqPz87Q.jpg Fitrop, pejuang PCOS yang kini hamil (Foto: Instagram)

KABAR bahagia datang dari artis Fitri Tropica. Hampir 5 tahun membina rumah tangga, ia dan suami sekarang ini diberi kepercayaan oleh Tuhan. Ya, perempuan yang akrab dipanggil Fitrop ini tengah mengandung anak pertamanya.

Melalui akun Instagram pribadinya @fitrop, Fitri Tropica mengatakan jika dia sempat mengalami kesulitan untuk hamil lantaran mengalami polycystic ovary syndrome (PCOS). PCOS terjadi karena ketidakseimbangan hormon reproduksi sehingga mengganggu pertumbuhan dan pelepasan telur dari ovarium selama ovulasi. Hal ini membuat perempuan tidak mengalami menstruasi secara teratur dan sulit untuk hamil.

Akan tetapi, perempuan dengan PCOS masih memiliki kesempatan untuk hamil dengan menjalani terapi atau perawatan tertentu. Hal yang sama turut dilakukan oleh Fitrop. Dirinya menjalani perawatan dengan salah seorang dokter ob-gyn dan diberi obat untuk membetulkan siklus menstruasinya serta penyubur.

 Fitri Tropica

Melansir WebMD, Senin (10/6/2019), berikut sejumlah terapi atau perawatan untuk perempuan dengan PCOS seperti Fitri Tropica agar bisa hamil. Klik halaman selanjutnya.

Menerapkan pola hidup sehat

Salah satu cara terbaik untuk menangani PCOS adalah makan dengan baik dan berolahraga secara teratur. Tak sedikit perempuan dengan PCOS mengalami kelebihan berat badan atau obesitas . Kehilangan hanya 5% - 10% berat badan dapat meringankan beberapa gejala dan membantu membuat siklus menstruasserta membantu mengelola masalah dengan kadar gula darah dan ovulasi .

Hormon dan obat

Kontrol kelahiran adalah perawatan PCOS yang paling umum untuk perempuan. Pengendalian kelahiran hormonal seperti pil, tambalan kulit, vaginal ring, suntikan, atau IUD hormonal dapat membantu memulihkan siklus menstruasi teratur. Hormon tersebut juga mengobati jerawat dan pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan. Metode perawatan dengan pengendalian kelahiran juga dapat menurunkan risiko kanker endometrium di lapisan dalam rahim.

Ada pula konsumsi hormon bernama progestin yang bisa membantu siklus menstruasi normal. Selain itu, hormone ini dapat mengobati pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan, mengatasi jerawat, dan menurunkan kemungkinan kanker rahim. Selanjutnya ada obat metformin yang menurunkan kadar insulin dan membantu menurunkan berat badan serta mencegah diabetes tipe 2. Obat ini juga bisa menyuburkan.

Menurunkan berat badan

Ketika diet sehat dan olahraga teratur tidak cukup untuk menurunkan berat badan, obat-obatan bisa membantunya lebih mudah. Operasi penurunan berat badan juga bisa menjadi solusi.

Kesuburan

Metode lain adalah dokter meresepkan obat untuk membantu hamil yang memicu ovulasi. Jika tidak berhasil, ada pilihan lain yaitu suntikan hormon yang disebut gonadotropin. Pembedahan yang disebut ovarium drilling juga mungkin dilakukan karena membuat ovarium bekerja lebih baik ketika obat-obatan ovulasi tidak berpengaruh banyak. Namun pembedahan jarang dilakukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini