nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengen Otot Kuat dan Terdefinisi? Ayo, Berlatih HIIT!

Santi Siera, Jurnalis · Selasa 11 Juni 2019 13:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 11 611 2065248 pengen-otot-kuat-dan-terdefinisi-ayo-berlatih-hiit-UM6IFuDwGc.jpg Olahraga Plank. (Foto: HighEnd)

SUDAH berolahraga tapi otot enggak kunjung terbentuk, lemak bandel juga enggak hilang? Coba deh, latihan HIIT yang bisa membentuk otot dan menumpas lemak tubuh dalam waktu singkat!

Banyak di antara kita yang sudah paham tentang pentingnya hidup sehat. Sehingga juga sudah paham bahwa berolahraga rutin bisa membuat tubuh lebih bugar, bahkan juga membuat tubuh lebih ramping. Berolahraga rutin juga bisa membentuk otot tubuh lebih kuat, lebih terlihat atau terdefinisi dengan baik.

Sayangnya, banyak di antara kita yang enggak punya banyak waktu untuk berolahraga. Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, berarti sudah saatnya mesti mencoba berlatih olahraga dengan metode High-Intensity Interval Training atau disingkat HIIT.

Latihan HIIT ini hanya butuh waktu kurang dari 1 jam, namun punya banyak manfaat. Artikel ini bisa Anda baca juga di www.highendmagazine.com.

#1 Bakar Lemak dan Kalori dalam Waktu Singkat

mengalami penurunan berat badan sebanyak 2 kg dalam 3 bulan, tanpa perlu berdiet.

Menurut sebuah studi, berlatih HIIT selama 15 menit bisa bakar kalori lebih banyak ketimbang jogging di treadmill selama 1 jam. Lalu studi lain bahkan menunjukkan mereka yang rutin berlatih HIIT 3 kali seminggu selama 20 menit per sesinya, mengalami penurunan berat badan sebanyak 2 kg dalam 3 bulan, tanpa perlu berdiet.

Nah, daripada Anda cuma duduk diam selama 15-20 menit ngepoin Instagram teman-teman atau mantan, lebih baik malam ini sebelum mandi malam, yuk praktekkin latihan HIIT.

#2 Bikin Tubuh Lebih Kuat

  begitu Anda sudah terbiasa, maka akan merasa lebih kuat dan bugar daripada sebelumnya.

Sesuai dengan namanya, HIIT adalah sebuah program latihan yang menuntut kita untuk melakukan beragam gerakan olahraga dengan cepat, hanya sedikit waktu istirahat. Jika baru berlatih pertama kali, maka Anda akan merasa cepat lelah, tapi percaya deh, begitu Anda sudah terbiasa, maka akan merasa lebih kuat dan bugar daripada sebelumnya.

Dan satu hal yang mesti diingat, hasil dari latihan HIIT ini akan berbeda satu dengan yang lain, tergantung dari kondisi tubuh masing-masing individu.

#3 Mengencangkan Otot Tubuh

 Jika Anda masih pemula dalam latihan kebugaran, maka pasti merasakan perubahan di tubuh Anda.

Walau Anda berlatih tanpa menggunakan peralatan gym sekalipun, HIIT bisa membantu membentuk massa otot dan membuat tubuh Anda lebih kencang. Jika Anda masih pemula dalam latihan kebugaran, maka pasti merasakan perubahan di tubuh Anda.

Beragam latihan yang dilakukan dalam program HIIT antara lain, plank, burpees, lunges, jump squat yang menggerakkan otot-otot tubuh, akan membuat tubuh Anda jadi lebih toned, kencang dari ujung kepala sampai ujung kaki.

#4 Mendongkrak Konsumsi Oksigen

Metabolisme tubuh akan berjalan dengan cepat sekitar 90-144 menit setelah berolahraga

Jika dibandingkan dengan latihan olahraga biasa, HIIT lebih membantu Anda untuk mengonsumsi oksigen lebih banyak. Dengan mengonsumsi oksigen lebih banyak, akan membantu metabolisme tubuh Anda. Metabolisme tubuh akan berjalan dengan cepat sekitar 90-144 menit setelah berolahraga, lemak tubuh pun akan dibakar lebih baik.

Ingin tahu lebih banyak tentang manfaat HIIT? Anda bisa membacanya lebih lengkap di www.highendmagazine.com.

Source Foto: Highendmagazine.com

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini