nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sederet Kesalahan Terbesar Sepanjang Masa, Pasti Tidurnya Gak Nyenyak

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 11 Juni 2019 11:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 11 612 2065192 sederet-kesalahan-terbesar-sepanjang-masa-pasti-tidurnya-gak-nyenyak-NbGAWYaI4L.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TIAP orang pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya, entah itu fatal atau hanya ringan. Contoh saja keliru memesan tiket atau membeli barang yang salah dari toko? Kesalahan ini manusiawi dan dilakukan banyak orang.

Tapi, tidak semua kesalahan bisa dimaklumi bahkan cenderung menyisakan penyesalan di dalamnya. Berikut sejumlah kesalahan besar yang harus dibayar sangat mahal sepanjang sejarah.

Jatuhnya Bangunan Apartemen Di China

Kompleks perumahan Lotus Riverside di Shanghai memiliki 11 gedung tinggi. Sampai suatu pagi, satu bangunan tiba-tiba runtuh. Untung saja tak ada korban dalam kejadian ini. Menurut penyelidikan kejadian itu disebabkan oleh standar konstruksi dan fondasi berkualitas rendah.

Baca Juga: Jenis Pekerjaan dengan Gaji 2 Digit, Gak Bakalan Ditolak Calon Mertua!
Dia menciptakan desain asli logo Apple dan juga menyusun kontrak serta manual Apple I.

Ronald Wayne Menjual Saham Apple

Awalnya Ronald Wayne bekerja dengan Steve Jobs di Atari, sebelum mereka berdua bekerja sama dengan Steve Wozniak untuk mendirikan Apple. Dia bukan hanya mitra dalam perusahaan teknologi tersebut, tapi berperan penting pada awal berdirinya Apple. Dia menciptakan desain asli logo Apple dan juga menyusun kontrak serta manual Apple I.

Namun, karena takut perusahaan tidak akan berkembang, Wayne menjual 10% saham dan pulang dengan membawa uang USD800 dan USD1.500 setahun kemudian. Jika saja tetap bertahan, nilai saham Wayne mungkin lebih dari USD35 miliar pada 2011.

Baca Juga: Isi Perut Patung Sapi Ndhekem Boyolali Jadi Incaran Wisatawan
karena kesalahan yang sepele, kontak dengan pesawat hilang saat berada di atmosfer.

NASA Kehilangan Satelit Penjelajah Mars

Mars Climate Orbiter dikembangkan oleh NASA (badan antariksa Amerika Serikat) untuk mempelajari iklim di Mars. Namun, karena kesalahan yang sepele, kontak dengan pesawat hilang saat berada di atmosfer.

Diperkirakan, untuk mentransfer koordinat, salah seorang awak NASA menggunakan unit pengukuran metrik yang berbeda dari biasanya. Akibat kesalahan tersebut, pesawat itu memasuki atmosfer Mars terlalu rendah dan hancur.

Kapal Selam Tenggelam Karena Terlalu Berat

Pemerintah Spanyol menginvestasikan 1,75 miliar pound setara Rp28 triliun untuk sebuah kapal selam baru, Isaac Peral. Sayang karena salah perhitungan membuat kapal menjadi berat, akhirnya tenggelam dan tak pernah lagi muncul ke permukaan.

Meledaknya Pengeboran Minyak Piper Alpha

Pada 6 Juli 1988, ledakan terjadi di sumur pengeboran minyak Rig Pipper Alpha, di Laut Utara, Samudera Atlantik. Bencana Piper Alpha diakibatkan oleh beberapa kesalahan. Saat pengeboran minyak lepas pantai itu diperbaiki pada 1988, operator memutuskan terus menambang minyak dan gas.

Bencana berawal saat sebuah pipa yang sedang diperbaiki ditutup dan tidak boleh digunakan. Tapi informasi tersebut tidak sampai ke pekerja. Akibatnya, terjadi ledakan hebat yang memakan biaya asuransi lebih dari USD1,4 miliar. Tidak hanya kerugian material, sebanyak 167 pekerja tewas akibat ledakan.

Perusahaan berbasis internet itu berkembang pesat, dengan AOL menguasai pangsa pasar ISP.

AOL Membeli Time Warner

AOL membeli Time Warner pada 2000 dengan nilai total USD164 juta dalam bentuk saham. Saat itu, sebagian besar analis industri yakin perusahaan tersebut nilainya antara USD100 hingga USD110 juta. Perusahaan berbasis internet itu berkembang pesat, dengan AOL menguasai pangsa pasar ISP.

Namun bisnis dot com mengalami crash pada 2001 sehingga AOL mengalami kerugian USD99 miliar pada 2002. Pada 2009, kedua perusahaan berpisah. Saat berpisah itu, AOL dihargai hanya USD1,8 miliar sementara Time Warner USD40 miliar. Ini membuktikan bahwa merger keduanya adalah kesalahan besar.

Tiket Lotere Dibuang

Sepasang suami istri di Inggris membuat kesalahan fatal pada 2010. Saat itu, sang istri dinyatakan sebagai pemenang untuk Euro Millions Lottery. Hadiah untuk pemenang lotere adalah sekitar USD181 juta, salah satu hadiah terbesar yang ditawarkan oleh lotere dalam sejarahnya.

Sayangnya, suaminya malah membuang tiket lotere tersebut dan tidak menyadari mereka telah memenangkan jackpot. Jackpot pun tidak diklaim dan akhirnya hadiah tersebut diserahkan untuk amal.

Lucas setuju dengan syarat dia memegang hak cipta Star Wars.

Fox Hadiahkan Hak Cipta Star Wars

George Lucas bersikeras filmnya Star Wars harus dibuat, tapi sayangnya dia terlibat negosiasi alot dengan 20th Century Fox. Berpikir bahwa film tersebut akan gagal, Fox mengurangi gaji Lucas menjadi sekitar USD350 ribu. Lucas setuju dengan syarat dia memegang hak cipta Star Wars.

Seperti yang terjadi kemudian, Star Wars menjadi hit besar yang telah melahirkan beberapa film, mainan, buku dan video game. Nilai total hak cipta Star Wars diperkirakan mencapai USD20 miliar. (mrt)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini