nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Video Pengantin Disembur Asap Rokok, Netizen: Spray Kearifan Lokal!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 11 Juni 2019 12:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 11 612 2065217 viral-video-pengantin-disembur-asap-rokok-netizen-spray-kearifan-lokal-WGU1d35JNi.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENJADI hal yang lumrah terjadi ketika kita bicara keunikan setiap daerah bangsa ini. Perbedaan itu juga yang membuat Indonesia kaya, termasuk masalah riasan pengantin.

Salah satu yang paling terkenal adalah paes ageng. Riasan pengantin khas perempuan Jawa ini dianggap sebagai bagian penting dalam pernikahan seseorang. Bukan sekadar riasan, paes ageng punya makna tersendiri dalam rangkaian pernikahan adat Jawa.

Berdasarkan beberapa literasi, paes berasal dari Yogyakarta. Makna dari riasan tradisional ini ialah untuk membersihkan jiwa dan menguatkan batin, agar dapat melaksanakan tugas dengan baik dan terhindar dari petaka.

Banyak orang juga percaya kalau penggunaan riasan paes pada pengantin perempuan akan memberi aura berbeda, biasanya akan terlihat lebih ayu dan bercahaya.

Tehnik pengaplikasiannya pun nggak sembarangan. Perlu keahlian khusus untuk bisa menggoreskan setiap riasan di wajah sang pengantin. Tapi, baru-baru ini muncul video viral di mana make-up pengantin melakukan hal unik di riasan paes ageng.

Dalam video yang dibagikan akun Twitter @BangPino_ terlihat di sana si make-up artist telah selesai merias wajah pengantin perempuan. Sebagai pelengkap, dia tiba-tiba membakar rokok dan menyemburkan asapnya ke wajah si pengantin.

Tidak diketahui pasti berapa kali semburannya, yang jelas asap tersebut langsung diarahkan ke wajah dan ini yang membuat media sosial gaduh. Apa maknanya?

Pengirim video pun mempertanyakan hal tersebut di captionnya; Kenapa harus disembur pakai asap gitu seh? Asapnya banyak banget pula. Video pengantin disembur asap rokok ini pun viral dan hingga berita ini dimuat di Okezone, sudah 847 ribu kali disaksikan netizen dengan 1,8 ribu retweetan dan 2,1 yang suka.

So, bagaimana netizen menilai ritual ini?

Dikatakan akun @therealdajjal, hal tersebut dilakukan agar si pengantin lebih rileks menjalani pernikahannya. "Biar chill dan tidak 'ndredeg' pas malem pertama," tulisnya. Lalu, akun @doe_abdullah mengatakan kalau itu semacam fogging pengusir nyamuk. "Itu semacam fogging, supaya nggak digigit nyamuk sewaktu duduk di pelaminan," cuitnya.

Kemudian ada juga yang mengatakan kalau semburan asap rokok itu adalah bentuk setting spray dengan kearifan lokal. "Setting spray dengan kearifan lokal," kata @LinLina19762640.

Beda dengan Lina, menurut @DumaySyuhada tindakan itu salah karena si perias menganggap wajah si pengantin bak asbak rokok. "Udah cakep-cakep didandanin eh disembur asap rokok. Itu si ibu apa lupa naro asbak sampe muka pengantin jadi pelampiasan," begitu katanya.

Sementara itu, ada juga netizen yang menilai kalau ritual semacam ini menyalahi agama. Tindakan musyrik. "Dalam budaya Jawa tidak dikenal ritual semacam itu. Apalagi dalam ajaran Islam yang saya yakini, itu musyrik," tegas @maduraupdate67. So, menurut Anda makna pengasapan ini apa?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini