nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demi Minta Hujan Turun, Masyarakat Menikahkan 2 Ekor Kodok

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 12 Juni 2019 01:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 11 612 2065460 demi-minta-hujan-turun-masyarakat-menikahkan-2-ekor-kodok-r4JN2952sA.jpg Pernikahan Kodok. (Foto: Twitter)

TERKADANG dalam hidup ini ada saja kejadian-kejadian unik, yang mungkin sulit untuk diterima oleh logika sebagian orang. Kadang-kadang, manusia pun berbuat yang tidak wajar untuk memenuhi keinginannya. Seperti yang dilakukan orang-orang ini, mereka menikahkan sepasang kodok.

Upacara pernikahan pun digelar penduduk Udupi, Karnataka, setelah melalui proses pemilihan ahli hewan dari empat ekor katak yang tersedia. Seperti dikutip dari Ibtimes, menikahkan kedua kodok ini dilakukan demi membujuk dewa-dewa hujan agar menurunkan hujan di wilayah tersebut.

Turunnya hujan di daerah ini dinilai begitu penting, mengingat udara dan cuaca panas dan krisis kekurangan air yang terjadi sebagai akibat dari tidak turunnya hujan.

Karenanya, demi menenangkan sang dewa-dewa hujan, para penduduk Udupi di Karnataka menggelar acara pernikahan antara dua ekor katak pada hari Sabtu, 8 Juni 2019 lalu. Upacara pernikahan, yang disebut 'Manduka Kalyanotsava', dilakukan untuk mendapatkan hujan yang sangat dibutuhkan di wilayah tersebut.

Sepasang kodok yang dinikahkan tersebut, dinamakan Varsha and Varuna. Keduanya pun menikah dengan perayaan pernikahan yang cukup megah, diselenggarakan oleh Udupi Zilla Nagarika Samiti Trust dan Pancharatna Trust.

Bahkan, dua katak ini juga melalui rangkaian prosesi pernikahan adat dari Maruthi Veethika hingga berakhir di Hotel Kidiyoor.

Dalam sebuah tayangan video yang telah menyebar viral di media sosial, terlihat Varsha dan Varuna lengkap mengenakan karangan bunga kecil dan ada seorang wanita mengikat mangalsutra di leher Varsha. Keduanya menikah pada saat keberuntungan Simha Lagna, sesuai tradisi Hindu, dan kedua katak ini dikembalikan ke kandang mereka.

Layaknya pasangan mempelai wanita dan laki-laki yang setelah menikah lalu akan menjalani bulan madu, Varsha dan Varuna nantinya akan dikirim ke Danau Mannapalla di dekat Manipal untuk berbulan madu. Walau mendapat kritikan, namun pernikahan dua ekor katak ini dilakukan demi kebaikan untuk penduduk di lingkungan sekitar.

Menurut The Hindu, dalam undangan untuk menikahkan kedua kodok tersebut, tertera keterangan sang katak jantan, Varun adalah anak laki-laki dari Kalsank akan menikah dengan Varsha, anak perempuan dari Kolalgiri Kilinje.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini