nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dikira Kanker, Remaja Ini Terkejut Giginya Tumbuh di Testis

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 12 Juni 2019 11:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 12 612 2065549 dikira-kanker-remaja-ini-terkejut-giginya-tumbuh-di-testis-NsBzmkAICg.jpg Operasi Gigi (Foto: The Sun)

BELUM lama ini dunia medis dihebohkan dengan adanya fenomena baru yang tak terbayangkan sebelumnya. Ahli bedah terkejut bukan main saat menemukan gigi yang tumbuh di dalam testis seorang remaja. Awalnya ia mengira hal tersebut adalah kanker, namun nyatanya tidaklah demikian.

Singkat cerita dokter asal Rusia memang sedang melakukan operasi pada anak berusia 13 tahun untuk menghilangkan sebuah benjolan yang sangat mengkhawatirkan dirinya. Namun, secara mengejutkan benjolan tersebut adalah sebuah molar yang hilang dari mulutnya.

Sebuah gambar menunjukkan sebuah gigi yang terlihat sangat jelas selama operasi di Rumah sakit Anak Morozov di Moskow. Petugas medis mengatakan kondisi langka ini adalah tumor teratoma yang berasal sebelum kelahiran karena kegagalan sel induk.

Alhasil gigi tersebut telah tumbuh di dalam salah satu testisnya dan pada mulutnya. Meski terlihat sedikit menyeramkan, namun sebagaimana dilansir The Sun, Rabu (13/6/2019) operas tersebut berjalan dengan sukses dan anak tersebut tidak akan mengalami masalah pada kesehatan reproduksinya hingga tua.

Ahli bedah Dimitry Tarusin yang merupakan ahli urologi dan andrologi anak-anak mengatakan bahwa masalah yang dialami oleh remaja ini berasal dari proses genetic selama periode pra-kelahiran. Alhasil gigi yang seharusnya ada di dalam rahang malah berpindah menuju testis.

“Gigi tersebut adalah molar kedua atau ketujuh di rahang atas. Biasanya diganti oleh gigi permanen pada usia 10 hingga 12 tahun. Berdasarkan hasil pemindaian ada seusatu di dalam testis yang tampak seperti kerikil ginjal. Dokter memutyskan untuk mengoperasi pasien sesegera mungkin,” terang Tarusin.

Di sisi lain Tarusin juga mengatakan bahwa hal ini merupakan salah satu fenomena yang unik. Sebelumnya ada kasus serupa dimana gigi molar tumbuh di dalam paru-paru. Namun, untuk molar yang tumbuh di testis seseorang adalah sebuah kasus yang langka.

“Pembedahan membuktikan bahwa gigi ketujuh yang asli tumbuh dalam testis setelah hilang di rahang. Ahli gigi mengetahui contoh ketika gigi tumbuh dalam paru-paru manusia. Tapi gigi yang tumbuh dalam testis adalah kasus yang benar-benar unik,” tutupnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini