nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nostalgia Jajanan Era 90-an, Dilarang Ngomong Setelah Makan!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 13 Juni 2019 17:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 13 298 2066117 nostalgia-jajanan-era-90-an-dilarang-ngomong-setelah-makan-qKXsVkOpfo.jpg Kue koya (Foto: Instagram)

Masa kecil adalah momen yang paling menyenangkan dalam kehidupan seseorang. Anda masih bisa bersantai, bermain dan tidak memiliki beban pekerjaan seperti saat ini. Selain itu, bagi Anda yang lahir pada era 90-an, tentunya juga sempat merasakan makanan khas yang saat ini sudah sangat jarang ditemui.

Ya, kue legendaris ini adalah kue koya. Kue yang terkenal dengan merek Delima Tawon ini memang sangat populer di kalangan anak-anak era 90-an. Selintas kue ini terlihat biasa saja dengan kemasan kertas putih berbentuk tabung.

Bentuk kue ini pun unik yakni seperti kepingan-kepingan uang logam. Meski demikian, kue ini sangat rapuh dan mudah hancur. Terutama ketika sudah masuk ke dalam mulut, maka Anda akan merasakan sensasi seperti memakan bedak.

Sebagaimana diketahui, kue koya ini terbuat dari tepung ketan yang rasanya sangatlah manis. Cara memakannya pun membutuhkan keahlian khusus. Anda harus berhati-hati agar remah-remah dari kue koya ini tidak berceceran kemana-mana.

 Jajanan era 90-an

Meski demikian, kehadiran kue koya ini seakan sudah terkikis dengan hadirnya beberapa kue baru yang modern dan kekinian. Pada zaman dahulu kue ini dibuat tanpa bantuan oven dan hanya memanfaatkan sinar matahari untuk mengeringkannya.

Lebih uniknya lagi beberapa daerah di Indonesia memiliki sebutan-sebutan yang berbeda untuk kue yang satu ini. Contohnya orang Malang, Jawa Timur kerap menyebutnya kue satru atau payako, sementara orang Betawi kerap menyebutnya sebagai kue satu.

Dalam postingan yang diunggah oleh akun Instagram @topscreenshoot_ai ia membagikan nostalgia dimana kue koya yang digemari oleh para anak-anak era 90-an. Postingan tersebut pun mendapatkan 9.413 like dan sejumlah komentar dari para netizen. Beberapa di antaranya berkomentar dengan pantangan ngomong setelah makan kue koya. Sebab, kue yang sudah hancur di mulut bisa ikut keluar saat berbicara.

Wkwk mkan kue nya trus ngomong dpan orang auto d tonjok,” tulis akun @rzkrmdhn424.

Gw pernah anjir di isengin temen gw , dikasih kue itu bilang nya oleh" pas gw makan gataunya semen putih bngst,” ilhamrmdhn31.

Kalo pernahh makan itu apakahh tandanya kita sudah tua ??,” tulis akun @mhrn.23.

Makan ini terus ngomong depan gue, gue ludahin balik anjir,” cetus @Idhimassatrio.

Sementara akun @baoxi_ menulis: “Dulu tuh dikira kueh rasa madu ama jeruk,eh tau" nya kyk tepung manis" gitu engga ada rasa madu ama jeruk nya samsek:).”

Bagaimana dengan Anda? Kangen dengan jajanan era 90-an yang satu ini?

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini