nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Naik Pesawat ke Yogyakarta? Cek Dulu Kode Bandaranya!

Agregasi KR Jogja, Jurnalis · Jum'at 14 Juni 2019 20:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 14 406 2066569 ingin-naik-pesawat-ke-yogyakarta-cek-dulu-kode-bandaranya-jUyJnUgrtC.jpg Bandara (Foto: Ilustrasi/ Pixabay)

PARA calon penumpang pesawat terbang yang akan berangkat dari Yogyakarta hendaknya lebih memperhatikan tiket penerbangannya, khususnya kode bandara yang terdiri tiga huruf kapital. Sebab, sejak dibukanya Bandara Internasional Yogyakarta Airport (BIY) di Temon Kulonprogo dengan kode bandara YIA atau Yogyakarta International Airport, di Yogyakarta ada dua bandara / tempat pemberangkatan, yakni BIY/YIA dan Bandara Adisutjipto Yogyakarta yang memiliki kode bandara JOG.

Karena itu, General Manager (GM) PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama berpesan kepada para calon penumpang yang ingin melakukan penerbangan melalui Yogyakarta harus memperhatikan tiket kode bandara.

“Jika tertulis JOG, maka penerbangannya melalui Bandara Adisutjipto. Namun kalau tertulis YIA, artinya International Yogyakarta Airport yang ada di Kulonprogo,” ujar Agus Pandu dalam penutupan Posko Terpadu Lebaran 2019 di Lapangan Sepakbola PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto, belum lama ini.

Menurut Agus Pandu, selama arus Lebaran kemarin sempat terjadi kasus kesalahan melihat kode penerbangan/bandara oleh sejumlah calon penumpang. Dalam tiket tertulis harus terbang dari BIY/YIA yang ada di Kulonprogo, namun beberapa calon penumpang itu tetap datang ke Bandara Adisutjipto.

Setidaknya ada lima penumpang yang mengalami kejadian tersebut, sehingga mereka terlambat terbang. Beruntung pihak maskapai penerbangan bersedia melakukan penggantian tiket. “Ada lima calon penumpang yang salah membaca kode bandara. Seharusnya mereka berangkat dari YIA, namun datangnya ke Bandara Adisutjipto. Namun sudah dapat diatasi dengan penggantian tiket pesawat dari pihak maskapai,” katanya.

Posko Angkutan Lebaran di Bandara Adisutjipto dan BIY/YIAdibuka mulai H-7 hingga H+7 total ada 326.053 penumpang yang naik dan

turun di kedua bandara tersebut. Dengan rincian 312.549 di Bandara Adisutjipto dan 13.504 di YIA, dengan 2.480 pergerakan pesawat. Puncak arus mudik terjadi pada H-4 dengan 23.734 penumpang dan 180 pesawat. Sedangkan puncak arus balik pada H+4 dengan 24.962 penumpang yang diterbangkan menggunakan 185 pesawat.

“Dibanding Angkutan Lebaran 2018 terjadi penurunan hingga 16,93 persen. Namun yang membanggakan kami, respons masyarakat terhadap International Yogyakarta Airport sangat bagus. Rata-rata ada 1.000 penumpang perhari dengan puncaknya ada 17 pergerakan pesawat atau 9 flight. Pengguna jasa penerbangannya juga tidak terbatas dari Yogyakarta dan sekitarnya saja. Namun juga dari Cilacap, Wonosobo, Purworejo dan Kebumen,” urai Agus Pandu.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini