nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Foto Bus Jadul yang Bikin Rindu Jakarta Tempo Doeloe

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 15 Juni 2019 07:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 14 406 2066642 5-foto-bus-jadul-yang-bikin-rindu-jakarta-tempo-doeloe-troiXooTMP.jpg Bus Patas (Foto: busklasik/Instagram)

Bus kota sempat menjadi pilihan warga Jakarta untuk bepergian. Sebab zaman dahulu jumlah kendaraan pribadi belum sebanyak sekarang. Selain itu, tempat-tempat tertentu hanya dilalui oleh bus kota. Sekarang ini memang bus kota masih ada dan rutenya cukup banyak, tapi penumpangnya tidak sebanyak dulu.

Dari masa ke masa, bus kota mengalami perubahan. Baik dari segi bentuk, desain, hingga kenyamanan untuk penumpang. Meski begitu, terkadang ada penumpang yang merasa rindu untuk menaiki bus kota seperti zaman dahulu alias jadul. Penasaran seperti apa rupa bus kota di waktu jadul? Simak foto-foto dan ulasan berikut ini seperti yang Okezone rangkum dari berbagai sumber.

Bus tingkat

 Bus

Percayakah Anda jika dahulu Jakarta memiliki bus tingkat? Rupanya kurang lebih seperti yang dilihat pada foto ini. Meskipun kapasitasnya cukup besar, terkadang bus ini tetap penuh dengan penumpang yang berdiri. Bus tingkat masih beroperasi hingga tahun 90-an. Sayangnya sekarang ini sudah tidak ada lagi. Namun pemerintah daerah Jakarta saat ini menyediakan bus tingkat lagi khusus untuk wisata dengan desain yang lebih nyaman.

Bus Mayasari Bakti

 Bus

Hingga saat ini, bus Mayasari Bakti masih beroperasi dan menjadi bus kota andalan masyarakat. Namun bentuk dan desainnya sudah jauh berbeda dengan zaman dulu. Lihat saja bentuk bus yang satu ini di era 70an dengan body superior coach yang diproduksi oleh Mercedes Benz.

Bus patas

 Bus

Bus patas hingga kini juga masih menjadi pilihan masyarakat ibukota untuk bepergian. Namun desain dan warnanya sudah jauh berbeda dari zaman dulu seperti yang terlihat pada foto berikut. Bus yang ada di gambar ini merupakan bus patas dari DAMRI seri Mercedes-Benz OF 1113.

Bus antarkota

 Bus

Tak hanya bus dalam kota yang digemari oleh masyarakat. Beberapa puluh tahun lalu bus antar kota juga menjadi pilihan masyarakat. Contohnya seperti di foto ini yang memperlihatkan bus Chevrolet C50 milik PO Waspada era 70an. Dulunya bus ini melayani trayek Jakarta-Bandung-Garut-Tasikmalaya-Banjar. Bentuknya sepintas mirip seperti bemo yah namun dalam versi lebih panjang.

Bus lintas pulau

 Bus

Terakhir, ada pula bus lintas pulau yang berangkat dari Jakarta. Bus dengan seri Mercedes-Benz OF 1113 ini melayani rute Jakarta-Medan. Bentuk dan desainnya bisa dikatakan cukup kuno. Coba bayangkan apabila Anda yang bepergian dengan bus ini. Kira-kira, bagaimana rasanya yah?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini