nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bisakah RUTF Jadi Solusi untuk Bayi Kekurangan Gizi?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 14 Juni 2019 09:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 14 481 2066326 bisakah-rutf-jadi-solusi-untuk-bayi-kekurangan-gizi-nhfaNFiefx.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEBAGAI sebuah negara berkembang, Indonesia masih sering menghadapi kasus kekurangan gizi. Biasanya, para balita yang terkena imbas sehingga pertumbuhan mereka terhambat dan tubuhnya menjadi kurus.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Riset Bidang Makanan dan Gizi, Dr. Astuti Lamid, MCN, ada sebuah Formula yang dapat menurunkan risiko bayi kurus. Formula itu disebut Ready to Use Therapeutic Food (RUTF),

RUTF merupakan makanan pemulihan untuk balita sangat kurus (wasting) yang berupa makanan padat, bentuk pasta diperkaya dengan zat gizi berupa vitamin dan mineral. RUTF digunakan dalam program perawatan, baik rawat inap atau rawat jalan, dan untuk balita yang datang ke pusat pelayanan kesehatan.

Baca Juga: Heboh Jak Angel Seksi Jessie Amalia Liburan Bareng Mohamed Salah di Pantai

Sebelumnya RUTF telah digunakan di beberapa negara di belahan dunia.

Tak hanya itu, Astuti mengatakan bahwa sebelumnya RUTF telah digunakan di beberapa negara di belahan dunia. Beberapa di antaranya adalah Malawi, Afrika, India dan beberapa negara lainnya untuk menanggulangi balita dengan kondisi yang sangat kurus.

Tentunya terdapat beberapa keunggulan lain dari RUTF dibandingkan Formula-100. RUTF dapat mengurangi efek pelarutan dengan air sehingga mengurangi risiko tercemar mikroorganisme. Selain itu zat gizi lengkap karena diperkaya dengan vitamin dan mineral.

Kelebihan RUTF lainnya adalah makanan instan yang tidak memerlukan preparasi, tahan terhadap pertumbuhan mikroorganisme, dan dapat disimpan lama dan memiliki densitas energi lebih tinggi dari pada Formula-100.

“Intervensi dengan RUTF dapat menurunkan kejadian balita kurus secara bermakna sebesar 36%, dan sangat kurus sebesar 58%,” terang Astuti.

Baca Juga: Uniknya Prewedding Jessica Iskandar, Warna-Warni dan Mesra

Pemberian RUTF lokal dalam meningkatkan asupan gizi, status gizi, dan kesehatan balita sangat kurus.

Lebih lanjut, uji efikasi RUTF dilakukan untuk menilai efektivitas pemberian RUTF lokal dalam meningkatkan asupan gizi, status gizi, dan kesehatan balita sangat kurus.

"Dilihat dari rerata asupan vitamin A dan besi, kelompok RUTF lebih tinggi asupannya (Gizi) secara signifikan dibandingkan dengan kelompok Formula-100. Dari aspek penyakit yang dialami balita sangat kurus, penyakit yang dominan diderita adalah ISPA. Penurunan kasus ISPA terbanyak pada kelompok RUTF," tutupnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini