nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Orang Masih Merokok Haram Jadi Imam Bikin Netizen Ketar-Ketir

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 14 Juni 2019 13:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 14 612 2066410 viral-orang-masih-merokok-haram-jadi-imam-bikin-netizen-ketar-ketir-VDWIqKUkfk.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SUDAH bukan rahasia lagi bahwa merokok buruk bagi kesehatan tubuh. Sudah banyak bukti diberikan oleh para ahli, terkait kandungan nikotin dan zat kimia yang terdapat pada rokok, diklaim dapat memicu berbagai penyakit berbahaya, salah satunya kanker paru-paru.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah melakukan berbagai upaya demi membuat mereka yang merokok berhenti. Salah satunya dengan menggencarkan kampanye anti rokok jelang Hari Tembakau Sedunia yang jatuh pada 31 Mei mendatang.

Masyarakat juga diketahui telah menunjukkan respons positif dalam mendukung program tersebut. Namun belum lama ini, beredar sebuah foto viral di Instagram yang berisi sebuah pesan menggelitik berkaitan dengan para perokok dan imam salat.

Baca Juga: 5 Potret Seksi Nora Alexandra, Tunangan Jerinx SID yang Memikat

Foto itu pertama kali diunggah oleh akun resmi Habib Muhammad Albagir Bin Yahya yang kini dikelola oleh admin.

Foto itu pertama kali diunggah oleh akun resmi Habib Muhammad Albagir Bin Yahya yang kini dikelola oleh admin. Pada foto tersebut, tampak sebuah simbol larangan merokok dilengkapi tulisan, ‘Orang Yang Masih Merokok Haram Jadi Imam Sholat’.

Bagi sebagian orang, pesan ini sontak membuat mereka terkejut dan semakin penasaran, apakah ada dalil atau hukum yang mengatur bahwa perokok tidak perkenankan menjadi imam?

Eits, jangan emosi dulu, Okezoners! Pada keterangan foto, admin akun @muhammadalawy, ternyata menyisipkan sebuah penjelasan singkat agar para followersnya tidak salah paham. Isi pesan tersebut rupanya tidak ada kaitan sama sekali dengan hukum-hukum pada ajaran Islam, melainkan sebuah lelucon semata.

Baca Juga: Diisukan Menikah dengan Konglomerat Arab, Rihanna Tetap Tampil Seksi Jadi Leopard

seseorang yang ingin menjadi imam tentu harus dalam kondisi suci tanpa hadas atau najis sekecil apa pun.

Logika sederhananya seperti ini, seseorang yang ingin menjadi imam tentu harus dalam kondisi suci tanpa hadas atau najis sekecil apa pun. Ia juga tidak boleh dalam kondisi mengunyah makanan, atau bahkan menghisap sepuntung rokok.

Sampai di sini sudah pahamkan maksud dari kata-kata di atas? Kalau belum, tengok langsung penjelasan sang admin di bawah ini.

“Kata ‘masih’ memiliki arti belum berhenti atau sedang melakukan. Contohnya seperti masih makan dan masih minum. Jadi tidak boleh jadi imam. Maaf jangan emosi dulu, baca captionnya biar faham,” tulis akun @muhammadalawy pada keterangan foto. Jadi yang tidak boleh adalah merokok sambil jadi imam.

Namun sayang, nasi telah menjadi bubur. Sejumlah netizen tampak menanggapi unggahan itu dengan serius. Tapi, tak sedikit pula yang menyadari bahwa foto tersebut hanya selingan semata. Berikut Okezone rangkumkan beberapa komentar mereka.

“Asalamu 'alaikum bib .Saya punya martua beliau imam masjid di kampung tpi beliau perokok berat gimana solusinya supaya bsa berhenti mrokok? terimakasi wasalam,” tulis akun @hatiyangi

“Emangnya syarat shah imam salah satunya tinggalkan rokok bib?,” tulis akun @yuammar_za

“Alhamdulillah bib enggak pernah merokok saya,” tulis akun @ras_ind1

“Banyak yang cuma lihat gambar, tapi gak baca captionnya haha,” tulis akun @zhein65

“Kalo yang fikirannya ga sampe gimana bib? Nanti malah salah penafsirannya, padahal kan gampang. Masaiyah lagi sholat sambil merokok, itu kan hal ga mungkin,” tulis yang lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini