Belanja Jangan Online Terus, yang Offline Juga Gampang Kok

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 14 Juni 2019 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 14 612 2066590 belanja-jangan-online-terus-yang-offline-juga-gampang-kok-dvOlFfoGLW.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

GENERASI milenial memang identik dengan gadget mereka. Smartphone tampaknya sudah menjadi teman setia milenial yang memudahkan aktivitas sehari-hari seperti belanja online.

Mereka lebih memilhi belanja online, dan jarang keluar rumah untuk mencari barang, mereka lebih memilih duduk dan mencari di smartphone.

Berdasarkan data yang dihimpun Google berjudul “Year in Search 2018”, 68% konsumen Indonesia menggunakan smartphone untuk mencari informasi sebelum berbelanja sesuatu. Akibatnya, pola konsumsi turut meningkat.

Dalam data tersebut disebutkan pula konsumen yang mengakses internet untuk referensi belanja. Itu bisa menghabiskan biaya konsumsi 1,5 kali lipat dibandingkan konsumen offline. Padahal, tidak ada salahnya loh Anda berjalan-jalan untuk melihat langsung barang-barang yang dibeli.

Baca Juga: 5 Potret Seksi Nora Alexandra, Tunangan Jerinx SID yang Memikat

 sebelum menentukan tempat untuk mencari barang-barang, pastinya Anda harus Googling dulu kan.

CEO dan Co-founder Alamat.com Daniel Cahyadi menjelaskan, meskipun Anda belanja langsung di toko online, bukan berarti Anda tidak menggunakan smartphone loh. Pasalnya, sebelum menentukan tempat untuk mencari barang-barang, pastinya Anda harus Googling dulu kan.

"Kami menghimpun informasi lengkap tentang toko-toko offline, kemudian menampilkan direktori ini untuk para konsumen, sehingga mereka bisa lebih mudah dan cepat menentukan layanan gaya hidup yang dibutuhkan," ujar Daniel.

Saat ini, sudah terdaftar lebih dari 35.000 merchant dari kategori makanan & minuman, aktivitas dan hiburan, kesehatan, kecantikan dan gaya, jasa, edukasi, dan hewan peliharaan.

"Sebagian pelaku bisnis jasa dan gaya hidup ini malah memiliki kesulitan, dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pengembangan bisnis," imbuh Daniel.

Baca Juga: Diisukan Menikah dengan Konglomerat Arab, Rihanna Tetap Tampil Seksi Jadi Leopard

para pebisnis pun bisa ikut bergabung lewat tren teknologi dalam meraih pelanggan.

Selain ritel besar, Anda juga bisa loh mencari barang-barang UKM, yang belum merasakan kemudahan untuk terhubung dengan konsumen yang senang berbelanja. Karenannya, para pebisnis pun bisa ikut bergabung lewat tren teknologi dalam meraih pelanggan.

Bahkan dia menciptakan hal baru untuk memajukan Indonesia lewat aktivitas pemasaran digital dengan pendekatan hyperlocal. Nah, jangan hanya duduk dan belanja online aja ya, Anda juga bisa kok keluar dan berjalan-jalan sambil bersenang-senang.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini