nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kamu Suka Ngopi? Kunjungi 4 Kedai Kopi Legendaris di Jakarta Ini

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Minggu 16 Juni 2019 08:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 16 298 2066935 kamu-suka-ngopi-kunjungi-4-kedai-kopi-legendaris-di-jakarta-ini-duyXRQgJql.jpg Kedai kopi legendaris di Jakarta (Foto : Instagram)

Para pecinta kopi berada di seluruh dunia, tidak terkecuali di Ibu Kota Jakarta. Di Jakarta sendiri sekarang sudah banyak sekali kedai kopi. Tapi tahukah Anda masih ada kedai kopi legendaris yang masih buka hingga saat ini. Di mana saja?

Berikut adalah 4 kedai kopi ledendaris yang ada di Jakarta cocok untuk kalian para pencinta kopi untuk mendatanginya. Dikutip dari beberapa sumber, Minggu (16/06/2019)

1. Kopi Es Tak Kie

Kopi Es Tak Kie menjadi salah satu kedai kopi legendaris dan tertua di Jakarta. Kedai ini berdiri sejak tahun 1927. Kedai ini terletak di kawasan Glodok, Jakarta Barat, tepatnya di Jalan Pintu Besar Selatan III Nomor 4-6.

Kedai kopi yang berdiri 1927 ini berada di gang sempit dengan kursi-kursi kayu dan kipas angin. Kopi Es Tak Kie dirintis oleh perantau Tiongkok, Liong Kwie Tjong yang kemudian diteruskan oleh Liong Tjen. Kedai ini dikelola oleh generasi ketiga yakni Latif Yulus atau sering dipanggil Ayauw dan Liong Kwang Joe.

Kedai ini terkenal dengan kopinya yang bernama Kopi Es Tak Kie. Kopi ini merupakan campuran dari jenis kopi Robusta maupun Arabika dari Lampung, Toraja sampai Sidikalang. Kopi di kedai ini dibanderol dengan harga Rp 15 ribu pergelas. Bagi para pecinta kopi yang sedang mencari kedai kopi legendaris bisa langsung datang ke kedai Kopi Es Tak Kie.

kopi es takie

(Foto : @kopiestakkieglodok/Instagram)

2. Kwang Koan / Kopi Johny

Kwang Koan berlokasi di Jalan Kopyor Raya Blok Q1 No.1, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kedai kopi ini memiliki nama asli kedai Kwan Koan sebelum namanya populer karena pengacara kondang Hotman Paris mengubahnya menjadi Kopi Johny.

Johny sendiri merupakan nama dari pemilik kedai kopi yang sangat ramai setiap harinya ini. kedai ini bisa menjual 300 sampai 400 kopi perharinya. Hal ini membuktikan bahwa di Jakarta sendiri masyarakatnya mayoritas menyukai Kopi.

Kedai Kopi Kwang Koan

(Foto : @kwangkoansunter/Instagram)

3. Kong Djie Coffee

Kong Djie Coffee adalah kedai kopi yang berasal dari provinsi Bangka Belitung yang berdiri sejak tahun 1934. Kopi legendaris ini kemudian membuka gerai di Jakarta dengan tema dan konsep yang lebih modern. Jangan takut kehilangan rasa kopinya yang legendaris, Di gerai ini rasa kopinya masih tetap sama seperti di kota asalnya.

Bagi kalian yang penasaran dengan rasa kopi khasnya Kong Djie Coffee, kamu bisa cobain langsung di salah satu kedainya di Ruko Citra Garden 6 Blok J5A No. 17, Jl. Citra Garden 6, Cengkareng, Jakarta Barat. 2 jenis kopi andalan Kong Djie Coffee adalah Kopi O dan Kopi Susu.

Kong Djie Coffee

(Foto : @kongdjie_coffee/Instagram)

4. Kedai Phoenam

Kedai ini berada di Jl. K. H. Wahid Hasyim No. 88, Menteng, Jakarta Pusat. Kedai ini selalu dipenuhi oleh para pencinta kopi legendaris karena sudah mengukir perjalanan panjang sejak tahun 1946 hingga sekarang.

Kedai kopi Legendaris ini terkenal dengan kopi hitam atau kopi susunya. Langsung saja datang ke Kedai Phoenam bagi para pecinta kopi yang penasaran.

Kedai Kopi Phoenam

(Foto : Qraved)

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini