nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Cara Tampil Awet Muda, Cobalah Remajakan Kulit Anda!

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Senin 17 Juni 2019 08:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 16 611 2067112 9-cara-tampil-awet-muda-cobalah-remajakan-kulit-anda-jq1ArjDBCb.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KERUTAN di wajah memang tidak bisa dihindari, seiring berjalannya usia semua orang akan mengalami proses alamiah ini. Tapi, Anda bisa memperlambat proses penuaan tersebut agar tetap sehat dan tampak muda. Perawatan meremajakan kulit adalah kuncinya.

Peremajaan kulit dapat dilakukan melalui proses yang paling sederhana sampai yang canggih. Bisa juga dilakukan di rumah ataupun di dokter kulit. Rangkaian peremajaan ini cukup bervariasi. Simak beberapa caranya di bawah ini.

1. Rajin menggunakan pembersih wajah

Membersihkan wajah adalah cara paling dasar untuk menjaga kesehatan kulit. Pembersih sangat dibutuhkan untuk menghilangkan sisa make-up, minyak wajah, polusi, dan bakteri yang menempel di wajah.

Dengan menghilangkan segala sisa yang Anda di wajah, produk peremajaan kulit selanjutnya yang akan Anda gunakan bisa meresap dengan optimal ke dalam kulit.

Sebaiknya jangan gunakan sabun mandi biasa untuk membersihkan wajah, sebab pH dalam sabun mandi lebih tinggi dibandingkan sabun khusus wajah sehingga bisa membuat wajah Anda rentan iritasi dan infeksi.

memilih pembersih wajah

2. Gunakan eksfoliator fisik dan kimiawi

Seiring bertambahnya usia, proses regenerasi sel kulit Anda semakin melambat dengan sendirinya. Alhasil, sel-sel kulit mati tidak digantikan oleh sel-sel baru dengan cepat.

Kondisi ini membuat kulit Anda terlihat kusam dan tidak rata, bahkan seperti ada kerutan. Maka itu eksfoliator sangat dibutuhkan untuk menghilangkan tumpukan sel kulit mati ini.

Eksfoliator kimia adalah cairan yang secara bertahap dapat mempercepat hilangnya ikatan kulit mati. Cairan ini biasanya dioleskan di wajah langsung atau dengan kapas. Sedangkan eksfoliator fisik dilakukan menggunakan scrub yang digosokan dengan lembut ke wajah.

eksfoliator fisik dilakukan menggunakan scrub yang digosokan dengan lembut ke wajah

3. Pelembap

Pelembap dibutuhkan oleh semua jenis kulit meskipun jika kulit Anda berminyak. Pelembap dibutuhkan untuk mengunci kadar air di kulit Anda sehingga wajah tetap terhidrasi dan tidak kekurangan kandungan air alaminya.

Wajah yang terhidrasi juga akan membuat kulit terasa lembut dan halus sehingga dapat membantu meminimalkan munculnya kerutan wajah.

4. Gunakan sunscrreen sebelum beraktivitas

Jika Anda akan beraktivitas di pagi hingga siang hari, jangan lewatkan penggunaan tabir surya minimal 30 SPF. Tabir surya melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari yang bisa merusak kolagen dan menyebabkan kulit mudah menjadi tipis, berkerut, dan timbul bercak hitam akibat hiperpigmentasi kulit.

5. Gunakan serum atau krim wajah

Setelah membersihkan dan mengeksfoliasi kulit, tahap selanjutnya adalah menutrisi kulit. Ada berbagai cara untuk menutrisi kulit dengan krim wajah di malam hari atau penggunaan serum wajah. Anda bisa menggunakan keduanya, atau pun satu saja sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Untuk krim wajah, pilihlah krim yang dapat membantu meregenerasi kulit dengan cepat sehingga kerusakan di atas kulit bisa diperbaiki dengan cepat. Anda bisa menggunakan krim kulit yang bisa mengandung Asiaticoside dan Asian acid.

Bahan akitf ini juga aman digunakan di bagian kulit lain selain wajah.

Selain itu, pilih juga krim kulit yang bisa membantu meredakan iritasi yang terjadi pada kulit dan membuat proses perbaikan sel kulit di bagian epidermis jadi lebih aktif. Efek tersebut bisa didapatkan dari krim kulit yang mengandung bahan aktif Centella Asiatica. Bahan akitf ini juga aman digunakan di bagian kulit lain selain wajah.

6. Filler jaringan lunak

Cara meremajakan kulit ini tidak bisa dilakukan sendiri di rumah seperti cara-cara sebelumnya. Filler dilakukan dengan menyuntik jaringan lunak di bawah kulit untuk menambah tinggi area tulang pipi, memperbaiki garis rahang, menghilangkan bekas luka, mengisi garis-garis kerutan.

Suntikan yang digunakan biasanya mengandung kandungan asam hyaluronic dan asam poli laktat. Kandungan ini akan diserap kulit dari waktu ke waktu dan merangsang pertumbuhan kolagen.

7. Mikrodermabrasi

Proses meremajakan kulit ini biasanya dilakukan oleh orang di atas usia 40 tahun. Mikrodermabrasi pada dasarnya adalah metode pengangkatan sel kulit mati. Namun, metode eksfoliasi kali ini menggunakan kristal aluminium hidroksida yang sangat kecil di permukaan kulit.

Metode ini bisa mengurangi kerutan dan garis halus, flek hitam akibat proses penuaan, dan membuat wajah lebih halus seperti lebih muda.

8. Microneedling

Proses meremajakan kulit kali ini harus ditangani dengan dokter kulit ahli kecantikan yang sudah terlatih. Dalam teknik ini, dokter akan menusukkan beberapa jarum kecil, tipis, dan tajam ke kulit.

Proses meremajakan kulit kali ini harus ditangani dengan dokter kulit ahli kecantikan yang sudah terlatih.

Jarum-jarum ini menyebabkan luka-luka kecil yang akan merangsang produksi kolagen dan elastin. Sebelum atau sesudah dokter menusukkan jarum akan dioleskan zat asam hialuronat atau asma askorbat untuk menutrisi kulit.

9. Terapi laser

Terapi laser merupakan langkah untuk meremajakan kulit yang sangat canggih dibandingkan cara lainnya. Laser yang digunakan ini dapat menghilangkan garis-garis dan kerutan secara signifikan di kulit. Sehingga tekstur kulit, warna, dan kekencangan bisa berubah.

Prosedur ini juga bisa membantu menghapus lubang jerawat dan banyak bekas luka lainnya bukan hanya di area wajah. Dokter yang akan membantu Anda menentukan jenis terapi laser seperti apa yang cocok.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini