nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jakarta Kota Keras? Ini 7 Fakta Menarik yang Wajib Anda Ketahui

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 16 Juni 2019 10:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 16 612 2066963 jakarta-kota-keras-ini-7-fakta-menarik-yang-wajib-anda-ketahui-vGUtQ5Ieks.jpg Bundaran HI. (Foto: Okezone)

ANDA mungkin sudah familiar dengan istilah ‘Jakarta Keras’. Istilah ini memang sering digunakan oleh sebagian orang yang telah merasakan pahit manis kehidupan di ibu kota Indonesia.

Kendati demikian, bukan berarti Jakarta tidak layak untuk dikunjungi atau dijadikan tempat untuk mencari nafkah.

Bila bisa beradaptasi dengan baik, siapa pun dapat bertahan hidup dan menaklukkan kerasnya ibukota. Nah, bagi Anda yang baru pertama kali datang ke Jakarta, berikut Okezone rangkumkan 7 fakta menarik yang wajib diketahui, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Banyak projek pembangunan

Sebagai kota megapolitan, hampir sebagian besar penjuru kota Jakarta dipenuhi oleh projek-projek pembangunan infrastruktur, mulai dari gedung-gedung perkantoran, pemukiman, fasilitas publik seperti MRT dan LRT, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, bagi Anda yang pertama kali datang ke Jakarta, jangan terkejut bila melihat hilir mudik truk hingga alat pengangkat material berat (crane) di tengah-tengah ibu kota.

Menjunjung tinggi gaya hidup mewah sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan kaum urban Jakarta.

Hedonisme

Menjunjung tinggi gaya hidup mewah sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan kaum urban Jakarta. Ya, meski pendapatan mereka pas-pasan, kegiatan nongkrong cantik di café-café atau restoran mewah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan mereka.

Sejumlah orang bahkan rela merogoh kocek cukup dalam hanya untuk membeli busana atau tas-tas branded demi menunjang penampilan dan eksistensi.

Code switching

Anda tentu sudah sering mendengar jokes-jokes receh di media sosial tentang kebiasan anak-anak Jakarta Selatan yang gemar mencampuradukkan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris? Which is, literally, basically, dan instead, adalah sebagian kecil Bahasa Inggris yang sering digunakan para netizen untuk menyindir anak-anak Jaksel.

Tapi percayalah, sebetulnya mereka menggunakan kedua bahasa itu karena terbiasa berkomunikasi dengan rekan kerja di kantor. Sekadar informasi, kawasan Jakarta Selatan itu dikenal sebagai tempatnya agensi-agensi kreatif yang notabennya dipenuhi oleh para ekspatriat dari berbagai negara di dunia.

Julukan ini memang pantas digunakan untuk menggambarkan kondisi Jakarta yang tidak pernah sepi dari keramaian.

Kota tak pernah mati

Julukan ini memang pantas digunakan untuk menggambarkan kondisi Jakarta yang tidak pernah sepi dari keramaian. Tidak percaya? Cobalah Anda keluar di penghujung malam untuk sekadar mencari camilan sembari melihat lalu-lalang kendaraan serta lampu-lampu yang tak pernah padam.

Sekilas memang terlihat menyenangkan untuk disaksikan, tapi hal ini membuktikan bahwa warga Jakarta bekerja tanpa henti demi memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Musala di mal selalu ramai

Se-hedon atau se-gaul apapun warga Jakarta, mereka ternyata masih menjunjung tinggi nilai-nilai agama. Tidak percaya? Datang lah ke salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Jakarta pada waktu salat.

Kemudian, lihatlah kondisi musala di tempat tersebut. Dapat dipastikan bahwa tempat ibadah itu telah dipadati oleh anak-anak muda hingga para lansia yang hendak menunaikan salat.

Banyak pelanggaran lalu lintas

Data Kemendagri 2015 lalu menyebutkan bahwa jumlah populasi di kawasan Jabodetabek mencapai 9.988.495 jiwa. Dalam arti lain, Jakarta menjadi kota dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Jadi jangan kaget bila Anda melihat begitu banyak lautan manusia di daerah-daerah tertentu.

Saking padatnya, tak sedikit warga yang nekat melanggar peraturan lalu lintas. Contoh paling sederhana adalah pare pengemudi ojek online. Mereka seringkali melawan arah hanya untuk menghindari kemacetan. Berani coba?

 Mereka seringkali melawan arah hanya untuk menghindari kemacetan. Berani coba?

Restoran dan tempat nongkrong instagramable menjamur

Dampak dari kebiasaan hedon warga Jakarta, banyak pengusaha yang memanfaatkan hal tersebut sebagai peluang bisnis menjanjikan. Alhasil, kini Anda akan dengan mudah menemui restoran-restoran hingga tempat nongkrong berkonsep instagramable di seluruh penjuru ibu kota.

Hal ini juga tidak terlepas dari sebuah fakta bahwa Jakarta dipenuhi oleh orang dari berbagai kalangan, termasuk para ekspatriat. Sehingga tempat-tempat seperti ini memang sangat dibutuhkan karena menjanjikan pelayanan terbaik serta suasana yang nyaman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini