nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cocok untuk Perantau, Ini 5 Tips Menaklukkan Kota Jakarta yang Keras

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Minggu 16 Juni 2019 17:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 16 612 2067037 cocok-untuk-perantau-ini-5-tips-menaklukkan-kota-jakarta-yang-keras-GYSi6OIfyF.jpg Tips menghadapi kerasnya Jakarta (Foto: Thegoodrogue)

JAKARTA merupakan Ibu Kota yang mempunyai banyak cerita. Sudah banyak film - film yang menceritakan bagaimana kehidupan di kota yang sering dijuluki "Jakarta keras" ini.

Merantau ke Jakarta tidak hanya mencari kerja, namun banyak juga yang rela merantau untuk menimba ilmu seperti kuliah. Jika Anda sedang merantau di Jakarta Anda bisa mengikuti beberapa tips dibawah, agar kita bisa nyaman merantau ke Jakarta.

1. Mengemat biaya hidup

Biaya hidup dijakarta bisa terbilang mahal jika pendapatan perbulan kita pas - pasan. Maka dari itu kita harus bisa memfilter pengeluaran kita. Tidak membeli barang - barang yang tidak diperlukan menjadi langkah yang tepat dilakukan. prioritaskan kebutuhan - kebutuhan primer dan mengesampingkan kebutuhan sekunder. Misalnya, tidak mudah tergiur dengan diskon - diskon yang tinggi, hal tersebut dapat di antisipasi dengan mengurangi jatah waktu kita untuk berkunjung ke mall.

 Ngobrol

2. Menghargai sesama

Jakarta bukanlah seperti dulu lagi, jika dahulu mungkin banyak di huni oleh satu suku yaitu betawi. Namun sekarang Jakarta menjadi kota yang plural atau beragam. Setiap orang yang datang ke jakarta pasti akan membawa budayanya masing - masing. "Intinya berbuat baik aja sama orang, kalo kita baik sama orang, orang juga pasti akan baik sama kita" Ujar Fransiskus, Perantau Asal Flores yang sedang berkuliah di Jakarta.

3. Perluas Pertemanan

Mempunyai relasi yang baik dalam sebuah perteman menjadi modal yang penting ketika kita memutuskan untuk merantau. Carilah kota yang terdapat saudara kita, atau mungkin teman yang sudah merantau lebih dulu, supaya bisa belajar dari pengalamannya darinya. Yang nantinya akan mengenalkan kita pada lingkungan. Selain itu, Hal tersebut dapat membantu kita untuk bertahan hidup, dengan meminjam uang misalnya.

 Menabung

4. Memiliki tabungan

Memliki tabungan merupakan hal yang wajib dipunyai untuk para perantau. Berapapun pendapatan kita, mestinya kita harus tetap menabung. Karena hal tersebut bisa mengurangi pinjaman kepada seseorang, jika ada kebutuhan yang mendadak. "Waktu saya pertama kali merantau dulu, tahun 1990, saya selalu ditanya sama kakak saya, 'kamu punya tabungan ?, merantau kalau enggak punya tabungan mending pulang lagi aja ke kampung bantu ibu" Ujar Hariyati, Perantau asal madiun.

5. Memiliki keahlian yang memadai

Jika kita mempunyai suatu keahlian, maka hal terdebut membuka jalan kita lebih besar untuk dapat bekerja. Seseorang yang merantau ke Jakarta pasti karena beranggapan banyak ladang pekerjaan disana. Anggapan itu memang benar adanya, namun harus diingat, meski banyak kesempatan pekerjaan, banyak pula yang mencari. Makanya para perantau harus berbekal keahlian yang memadai supaya bisa dengan mudah bersaing.

Namun tantangan melamar pekerjaan dijakarta tidak lah sebatas itu. Supaya tidak kaget, para perantau harus mengerti istilah "Ordal" Orang Dalem. Masalah - masalah seperti ini merupakan hal yang sering terjadi di ibu kota. Nepotisme menjadi sebuah kunci yang akan membuka gembok kesuksesan. Obat dari masalah ini hanyalah bersabar, berdoa dan mencoba, jadi jangan pantang menyerah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini