nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dikecam Karena Warna Kulit, Miss India 2019 Akhirnya Terpilih

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 17 Juni 2019 13:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 17 194 2067290 dikecam-karena-warna-kulit-miss-india-2019-akhirnya-terpilih-rNAn2aIfFt.jpg Miss India 2019 Suman Rao (Foto: suman_rao_official/Instagram)

Miss World merupakan kontes kecantikan bergengsi di tingkat internasional. Ratusan negara akan mengirimkan perwakilan terbaiknya untuk memperebutkan gelar ratu kecantikan dari kontes tersebut. Salah satu negara yang turut serta adalah India.

Beberapa tahun terakhir, prestasi India di ajang Miss World tidak bisa dipandang sebelah mata. Selama 3 tahun berturut-turut, perwakilan negara yang dikenal dengan obyek wisata Taj Mahal itu selalu masuk Top 20/30. Bahkan pada tahun 2017, Miss India Manushi Chhillar berhasil keluar sebagai pemenang. Sebelumnya ada Priyanka Chopra yang juga berasal dari India dan berhasil menjadi Miss World 2000.

 Perempuan India

Tapi ternyata, kontes kecantikan Miss India yang berusaha mencari perempuan terbaik untuk mewakili negara di ajang Miss World tengah diprotes oleh masyarakat setempat. Melansir RT, Senin (17/6/2019), terjadi perdebatan di media sosial akibat kolase foto finalis Miss India 2019. Dalam kolase tersebut, seluruh finalis terlihat mirip dengan penampilan fisik kulit putih dan rambut hitam.

 Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Gratis dan Instagramable di Jakarta

Masyarakat menilai pihak penyelenggara Miss India lebih memilih finalis dengan tampilan tunggal dan standar kecantikan daripada keberagaman. Beberapa kritik mengatakan para finalis lebih menyerupai 'klon' tertentu yang tidak mewakili keindahan beragam etnis bangsa. Secara khusus warna kulit telah menjadi topik hangat di kalangan perempuan India, karena beberapa berusaha mengubah warna kulit aslinya menjadi lebih putih dengan produk kecantikan.

 Perempuan cantik

Bahkan masuknya produk kecantikan yang bisa memutihkan kulit sempat mendapat kecaman dari masyarakat India. Salah satunya adalah kemunculan kampanye seperti Dark is Beautiful dan #unfairandlovely. Kampanye tersebut mencoba mengubah persepsi tentang kecantikan perempuan khususnya di India agar mereka tetap mencintai warna kulit aslinya.

Protes keras tersebut membuat pihak penyelenggara Miss India melakukan pengawasan ketat untuk memilih perempuan yang akan menjadi pemenang. Setelah berminggu-minggu terjadi kritik, terpilihlah Suman Rao menjadi Miss India 2019. Dirinya merupakan seorang mahasiswa dari Rajasthan. Perempuan berusia 20 tahun ini akan mewakili India di ajang Miss World 2019 di Thailand pada Desember mendatang.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini