nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asal-usul Laksa hingga Menjadi Makanan Terkenal di Dunia

Ayu Dita Rahmadhani, Jurnalis · Senin 17 Juni 2019 20:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 17 298 2067475 asal-usul-laksa-hingga-menjadi-makanan-terkenal-di-dunia-2PfpINXjtw.jpg Ilustrasi (Foto: Seasia)

Dari aroma yang menggiurkan lidah, hingga rasa dan teksturnya yang kaya, tidak mengagetkan jika laksa yang pedas dan sederhana menjadi salah satu hidangan yang paling dicari di Asia Tenggara. Bahkan mendiang chef legendaris, Anthony Bourdain, mengatakan bahwa laksa menjadi makanan terbaik yang pernah ada.

Kelezatan laksa yang berasal dari Kuala Lumpur ini, menduduki peringkat dua di dunia, menurut Lonely Planet’s Ultimate Eatlist. Itulah sebabnya, postingan mengenai makanan ini banyak bertebaran di luar sana. Dilansir dari Seasia, Senin (17/6/2019), berikut ini adalah alasan mengapa laksa menjadi salah satu makanan luar biasa yang pernah ditemui di dunia.

1. Dibuat dengan cinta

Ketika pedagang China pertama kali mengunjungi dan berdagang dengan penduduk setempat di kepulauan Melayu pada awal abad ke-15, mereka mulai jatuh cinta dengan penduduk setempat. Perkawinan antara orang China dan penduduk setempat di wilayah Asia Tenggara menciptakan komunitas yang unik dan beragam. Di Malaysia, keturunan pedagang ini disebut Peranakan. Sementara di Indonesia, mereka disebut Kiau-Seng. Kemudian para istri dari para pedagang ini mulai menambahkan bumbu mereka sendiri ke dalam sup China tradisional, kemudian melahirkan laksa.

 Laksa

2. Tidak aja Jalur Sutera, tidak ada Laksa

Malaysia, Singapura, Thailand, dan Indonesia adalah satu-satunya negara di mana laksa otentik dapat ditemukan. Menurut Profesor Penny Van Esterik dalam bukunya, Budaya Makanan di Asia Tenggara, laksa dilahirkan berkan Silk Road. Menurutnya, wilayah tersebut sebagian besar dipengaruhi oleh India pada awal 200 SM melalui perdagangan rempah-rempah.

Ketika China datang dan mendirikan pemukiman di Indonesia pada abad ke-16, mereka diperkenalkan dengan rempah-rempah. Tanpa diketahui salah satu dari mereka, ini adalah faktor utama terciptanya laksa yang sempurna.

3. “Sepuluh ribu” bahan berbeda

Karena laksa merupakan akibat dari Jalan Sutera, banyak yang percaya ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap asal-usul nama hidangan tersebut. Tahun 1901 kamus R. J. Wilkinson, A Malay-English Dictionary mengklaim bahwa kata “laksa” berarti sepuluh ribu dalam bahasa Sansekerta. Dalam bahasa Persia, “laksa” adalah jenis bihun dan jika seseorang menambahkan 'H' untuk mengeja Laksha, itu berarti 'licin' - istilah lain untuk mie. laksa juga bisa mendapatkan namanya karena banyaknya bahan yang digunakan untuk membuatnya. Siapa pun yang telah mencoba untuk memasak semangkuk laksa akan tahu.

 Laksa

4. Laksa memuaskan setiap selera

Sementara itu di Asia Tenggara, ketika pedagang Cina sibuk bercinta, laksa berevolusi seiring waktu. Sekarang, ada tiga variasi utama: Kari, Siam dan Assam. Menurut kepercayaan, karena sup oleh pedagang Cina tidak memiliki "keuletan", penduduk setempat mulai memasukkan rempah-rempah dan cabai. Untuk menyeimbangkan rasa pedas, santan dimasukkan ke dalam campuran.

Sekarang laksa Kari dapat ditemukan di seluruh negara bagian Malaysia seperti Perak, Negeri Sembilan, Melaka, dan Johor di mana mereka semua memliki rasa yang berbeda. Di Singapura, laksa Kari ditemukan di Katong dan di Indonesia, di Bogor, Cibinong dan Betawi. Meskipun laksa Siam lahir di Thailand, laksa jenis juga dapat ditemui di Penang, Malaysia.

Assam laksa, di sisi lain, dapat dianggap sebagai kembar bagi laksa Siam, tapi dengan pengurangan santan. Alih-alih, varian laksa ini ditambah dengan banyak asam, sehingga hidangan ini memiliki rasa asam yang ikonik.

Sementara itu, di negara bagian Malaysia, Kelantan dan Terengganu, ada versi khusus laksa yang terbuat dari mie beras yang digulung. Berbeda dengan laksa jenis lainnya, laksa memiliki rasa manis dan gurih. Jadi itulah asal-usul laksa yang perlu Anda ketahui.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini