nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Destinasi Wisata Gratis dan Instagramable di Jakarta

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 17 Juni 2019 11:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 17 406 2067236 5-destinasi-wisata-gratis-dan-instagramable-di-jakarta-pplZSl8gvA.jpg Lapangan Banteng. (Foto: Instagram)

MESKI identik dengan kemacetan dan hiruk pikuk kota megapolitan, Jakarta memiliki sejumlah destinasi unik yang menarik untuk dikunjungi.

Beberapa tempat di Jakarta ini, bahkan menyediakan spot-spot instagramable tanpa dipungut biaya sepeser pun, alias gratis. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini, sebagaimana dilansir Okezone dari berbagai sumber.

Lapangan Banteng

View this post on Instagram

Ayoooo cobaaa komen, sama siapa yg kamu harapkan untuk menemani senjamu ?? Kalo mimin ama capaaa yaaa hihi 😄😄😄😄 btw udah pada main ke flona 2018 belum ?? Event nya sampe september loh, cocok nih buat nyenengin anak, ponakan, temen, sampe gebetan 😄😄😄 __ Photo credit to : @miswasti_san __ #jakarta #indonesia #wonderfulindonesia #beritajakarta #visitindonesia #cityscape #instagram #bestshot #bestsnaps #visitjakarta #jakarta2018 #pariwisatajakarta #jakartadaily #jakartatoday #enjoyjakarta #jakartatourism #visitjakarta #jakarta_daily #jakartabebassampah #jakartabanget #jakartabersih #jakartans #jakartainfo #jakartalife #jakartanightlife #jakartaindonesia #nightshot #wisatajakarta #dkiinfo

A post shared by Official Lapangan Banteng (@lapangan_banteng) on Aug 16, 2018 at 2:39am PDT

Setelah selesai direvitalisasi 2018 lalu, Lapangan Banteng menjadi salah satu spot favorit warga Jakarta untuk melepas rasa penat setelah beraktivitas. Ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat ini, mulai dari lari-lari cantik alias jogging, berburu foto instagramable, atau sekadar menikmati suasana senja.

Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan pertunjukkan air mancur menari yang dihasi oleh lampu warna-warni dengan durasi selama kurang lebih 15 menit. Nah, untuk spot-spot foto yang instagramable, Anda bisa berfoto dengan latar belakang Monumen Pembebesan Irian Barat.

Bergeser ke zona monumen dan zona olahraga, di Jakarta Pusat ini, Anda bisa melihat kutipan-kutipan Presiden RI pertama, Ir. Soekarno seperti pidato proklamasi, dekleasi Djuanda, serta petikan Bung Karno tentang pembebasan Irian Barat dari Australia.

Kota Tua Jakarta

View this post on Instagram

Don't let failure and mistakes bring you down. . Mistakes are part of the process, they're not the end goal and if you fail at some point know that it's not over. . Stop judging yourself because you made a mistake, keep pushing until you get to where you want to be! 💯 . 📷 Photography: @meinnameistmia . 📍 Location : Museum Fatahillah • • • #travelling #photography #kotatuajakarta #kotatua #wisatakotatua #jakartakota #jakartastreetphotography #jakartaku #jakartabanget #explorejakarta #indostreet #jakartastreet #heritagebuilding #historicalplace #historicalbuilding #museumfatahillah #indotraveller #indonesia_photography #indonesiantraveler #architexture #architecturephotography #architecturelovers #cityscapephotography #cityscape #gnfi #keluarbentar #zonafotografi #ayodolan

A post shared by Yunita (@dedee.yunita) on May 7, 2019 at 5:24am PDT

Selain monas, Kota Tua juga dikenal sebagai ikon wisata Jakarta. Tempat ini menyuguhkan pemandangan tempo doeloe dengan suasana yang nyaman, dan berbagai aktivitas menarik.

Datanglah dari pagi hari agar bisa menyambangi beberapa museum yang berada di kawasan Kota Tua. Mulai dari Museum Fatahilah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, dan masih banyak lagi.

Mau cari spot selfie yang instagramable? Jangan khawatir, setiap sudut di Kota Tua menawarkan keunikan masing-masing. Kalau punya budget berlebih, Anda bisa menyewa sepeda onthel lalu berfoto dengan latar belakang Museum Fatahilah yang megah. Menarik bukan?

Taman Situ Lembang

Destinasi wisata gratis dan instagramable berikutnya berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin duduk santai atau menikmati suasana asri di tengah ibukota.

Datanglah menjelang sore hari agar suasananya menjadi lebih eksotis karena terpapar pancaran sinar matahari tenggelam. Tidak hanya itu, Taman Situ Lembang juga cocoklah untuk berpiknik. Buat yang hobi mancing, Anda bisa menyalurkan hobi tersebut di tempat ini.

Museum Tengah Kebun

Mungkin masih banyak wisatawan yang belum mengetahui bahwa Jakarta juga punya museum berkonsep unik. Namanya adalah Museum Tengah Kebun. Suasana di tempat ini cenderung berbeda dengan museum kebanyakan.

Di tengahnya ada perkebunan yang dihiasi pepohonan rimbun dan hamparan rumput hijau. Adem banget! Namun perlu diketahui, untuk mengunjungi Museum Tengah Kebun, Anda diminta melakukan reservasi tempat dan harus berkunjung secara berkelompok, antara 7 - 12 orang. Tiket masuknya gratis kok!

Pelabuhan Sunda Kelapa

Terletak di kawasan Kota Tua, Jakarta Utara, Pelabuhan Sunda Kelapa menyuguhkan berbagai panorama eksotis yang bisa dinikmati para wisatawan. Selain itu, ada tiga aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan di Pelabuhan Sunda Kelapa yakni, menyaksikan bongkar muat, mengelilingi pelabuhan dengan perahu kecil, serta mengeskplorasi isi kapal pinisi.

Namun aktivitas yang paling sering dilakukan wisatawan di tempat ini adalah mengelilingi pelabuhan dengan perahu kecil. Terakhir kali Okezone datang ke Pelabuhan Sunda Kelapa, para nelayan mematok tarif Rp50 ribu untuk bisa menaiki perahu. Wisatawan kemudian akan diajak untuk mengelilingi pelabuhan hingga muara.

Waktu ideal untuk mengunjungi Pelabuhan Sunda Kelapa adalah pada sore hari. Jadi sambil naik perahu, wisatawan juga bisa menikmati senja dan mengabadikannya.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini