nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesawat Baru Berbentuk V Siap Dirakit, Tertarik Mencobanya?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 17 Juni 2019 23:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 17 406 2067573 pesawat-baru-berbentuk-v-siap-dirakit-tertarik-mencobanya-a3VcyuepJL.jpg Pesawat V siap dirakit (Foto: Bored panda)

PESAWAT terbang telah menjadi salah satu sarana transportasi publik yang diminati oleh masyarakat. Transportasi ini dipilih karena mampu mengantarkan para penumpang dari satu tempat ke tempat lain dengan sangat cepat. Anda juga bisa berkeliling dunia dengan kendaraan yang satu ini.

Biasanya pesawat terbang berbentuk menyerupai tabung kapsul, dilengkapi sayap dan ekor yang panjang sebagai pelengkap sistem aerodinamika. Namun, belakangan ini sebuah perusahaan KLM memiliki rencana untuk membuat pesawat dengan model yang aneh.

Pesawat tersebut diberi nama Flying-V. Sesuai dengan namanya, maka bentuk pesawat ini menyerupai huruf V. Tentunya perusahaan tersebut tidak semata-mata dalam membuat pesawat, mereka mengklaim pesawat jenis ini mampu menghemat bahan bakar hingga 20 persen.

Dengan penghematan sebesar 20 persen tentunya Flying-V digadang-gadang lebih irit dibandingkan dengan Airbus A350 berkat desain aerodinamis dan bobot yang lebih ringan.

 Pesawat

Sebagaimana dilansir The Sun, Senin (17/6/2019), pesawat ini dinamai gitar listrik Gibson Flying-V yang digunakan oleh seniman ikonik seperti Jimi Hendrix dan Keith Richards. Pesawat ini mampu membawa penumpang sebanyak 314 orang yang melintasi dua sayap di dalam kabin berbentuk V yang khas.

Dua mesin turbofan di setiap sayap bisa menghemat biaya bahan bakar pesawat saat berada di ketinggian 180 kaki atau sekira 55 meter ketika melakukan penerbangan. Desain ini dirilis sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-100 KLM.

Rencana pesawat ini dibuat ileh Justus Benand, seorang mahasiswa di Universitas Teknik Berlin sebelum dikembangkan oleh para peneliti di Universitas Teknologi Delft di Belanda. Pemimpin proyek TU Delft Roelof Vos mengatakan bahwa industri penerbangan menyumbang 2,5 persen dari emisi co2 global.

 Pesawat V

“Jadi kita harus membuat teknologi baru yang mengurangi pembakaran bahan bakar dengan cara yang berbeda,” terang Roelof.

Hingga saat ini interior dan bagian dalam pesawat masih belum diungkapkan kepada publik. Yang jelas mereka tengah mengkaji teknologi yang memungkinkan penumpang untuk tidur di kursi yang lebih ringan dan kamar mandi yang nyaman.

Namun, jika Anda penasaran dengan pesawat ini harus bersabar. Pasalnya mereka masih mengkaji teknologi ini dan diharapkan pesawat buatan KLM ini rampung dibuat pada 2040.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini