nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wanita Ini Ciptakan Popok untuk Burung, Harganya Rp828 Ribu!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 17 Juni 2019 20:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 17 612 2067431 wanita-ini-ciptakan-popok-untuk-burung-harganya-rp828-ribu-wO8szaB58H.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

POPOK biasanya digunakan untuk bayi dan para orangtua lanjut usia yang sudah kesulitan untuk bergerak. Tujuannya adalah untuk mempermudah mereka dalam melakukan aktivitas sehari-hari tanpa perlu merepotkan orang yang ada di sekelilingnya.

Tapi, dari tangan kreatif seorang wanita muda Tionghoa, dia membuat popok produksi sendiri. Berbeda dengan popok yang digunakan oleh bayi dan para orangtua, dia justru membuat popok unik khusus untuk burung.

Usahanya dalam membuat popok ini sukses meraup keuntungan sebesar 30 ribu yuan atau setara Rp62 juta per bulannya. Wanita kreatif itu bernama Zheng Han yang berasal dari Provinsi Jiangsu, Tiongkok Timur. Wanita berusia 25 tahun itu berhasil memiliki pelanggan dari Australia, Amerika Serikat, Kanada, Singapura dan Uni Emirat Arab.

Kala itu dia memutuskan untuk memulai usahanya di salah satu platform e-commerce terbesar di Tiongkok.

Sebagaimana diketahui ide kreatif ini tercetus saat Zheng berhenti dari pekerjaannya sebagai perawat pada 2014. Kala itu dia memutuskan untuk memulai usahanya di salah satu platform e-commerce terbesar di Tiongkok.

Awalnya Zheng menjual kostum dekoratif untuk burung. Kemudian dia mencoba merancang sebuah popok khusus untuk burung setelah teman-temannya mengakukan pertanyaan tentang cara yang baik untuk menangani limbah burung.

Sebagaimana dilansir Asia One, Senin (17/6/2019) alhasil dia pun merancang sebuah popok untuk burung yang dijual seharga 200-400 yuan atau sekira Rp828 ribu. Rupanya hadirnya popok untuk burung ini berhasil mengisi kekosongan di pasar China.

Saat ini popok burung buatan Zheng telah mengalami delapan hingga sembilan modifikasi. Lapisan luar terbuat dari kanvas tahan air. Sanitary pad berukuran kecil atau spons rias dimasukkan sebelum ukuran popok disesuaikan menggunakan Velcro.

Biaya yang diperlukan untuk membuat satu buah popok burung sekira 20 yuan atau setara Rp41 ribu. Dalam sebulan Zheng bisa menjual lebih dari 1.000 buah dan kerap mendapatkan pesanan setiap tiga sampai empat hari.

Alhasil Zheng kini memiliki persepsi sendiri dalam hidupnya. dia mengaku tidak menyesal meninggalkan pekerjaannya sebagai perawat dan memiliki impiannya sendiri untuk mencapai masa depan.

"Sekarang mereka percaya orang muda memiliki ide sendiri dan mendorong saya untuk melakukannya dengan baik. Apa perbedaan antara orang tanpa mimpi dan ikan asin? Saya harap bisa melangkah lebih jauh," terang Zheng.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini