nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Burger Berlapis Emas, Seperti Apa Rasanya?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 18 Juni 2019 13:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 18 298 2067781 viral-burger-berlapis-emas-seperti-apa-rasanya-IYBxWIv0jP.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEBUAH inovasi dilakuan oleh Hard Rock Cafe dengan meluncurkan menu baru berupa olahan burger berlapis emas 24 karat. Dalam keterangannya, mereka mengklaim bahwa '24-Karat Gold Leaf Steak Burger' menjadi burger pertama yang diolah dengan edible gold.

Ya, sesuai dengan namanya, burger ini berisikan 1/2 lb daging patty yang dibalur 24-karat edible gold leaf. Burger berlapis emas ini diluncurkan pada Senin 17 Juni 2019, banyak konsumen yang penasaran, seperti apa rasa dari menu hidangan tersebut.

Mengutip laman BusinessInsider, Selasa (18/6/2019), salah satu media internasional ini menggambarkan bahwa tidak ada yang spesial dari rasa yang disuguhkan oleh burger emas tersebut.

sebuah teknik tradisional yang digunakan untuk melapisi makanan bercita rasa manis khas India.

Bila menilik dari sejarahnya, penggunaan edible gold lead bukanlah sesuatu yang baru. Orang-orang Eropa telah lama diketahui menggunakan gold lead untuk mengolah minuman keras. Bahan makanan ini juga digunakan sebagai warq, sebuah teknik tradisional yang digunakan untuk melapisi makanan bercita rasa manis khas India.

Dari segi rasa, gold leaf sebetulnya tidak memiliki cita rasa yang khas bahkan cenderung hambar. Namun beberapa pihak meyakini bahwa makanan tersebut akan memiliki sifat anti-mikroba. Berangkat dari kepercayaan tersebut, gold leaf sering digunakan sebagai hiasan pada makanan.

Apalagi di era digital seperti saat ini, penggunaan gold leaf pada olahan burger digadang-gadang hanya untuk meningkatkan nilai dari presentasi makanan itu sendiri. Dalam arti lain, konsumen akan lebih "keren" ketika memamerkan makanan tersebut ke dalam Instagram maupun media sosial mereka.

Lalu, seperti apa rasa Burger berlapis emas hasil kreasi Hard Rock Cafe?

Business Insider menyebutkan bahwa, tanpa tambahan edible gold, olahan burger ini sejatinya adalah salah satu menu andalan Hard Rock Cafe yang dikenal dengan sebutan Legendary Burger (tanpa bacon dan onion ring).

Jumlah kalori pada burger ini juga diketahui lebih banyak dari Legendary Burger yakni, mencapai 250 kalori per porsi. Untuk mencicipi perpaduan rasa lapisan emas dengan daging patty, konsumen harus menambah biaya senilai Rp100 ribu atau lebih. Sebagian kecil dari biaya tersebut akan disumbangkan untuk kegiatan amal.

Berbeda dengan menu burger lain yang disajikan dengan sebuah pisau tertancap pada bagian tengahnya, presentasi burger emas justru dibiarkan terbuka agar konsumen bisa melihat dengan jelas lapisan emas yang melapisi daging patty.

Saus tersebut lah yang akan dituangkan di atas lapisan emas untuk memperkaya cita rasanya.

Sesuai dengan namanya, olahan burger ini juga disajikan dengan semangkuk kecil steak sauce. Saus tersebut lah yang akan dituangkan di atas lapisan emas untuk memperkaya cita rasanya.

Bila digambarkan secara singkat, 24-Karat Gold Lead Steak Burger memang menyuguhkan sensasi rasa unik. Daging patty terasa gurih dengan tekstur empuk dan juicy. Sementara untuk bun-nya sendiri sukses mengimbangi kelezatan potongan daging patty yang disuguhkan.

Justru lapisan emas pada makanan inilah yang diklaim tidak menonjolkan karakter rasa apa pun alias terasa hambar. Mungkin sesuai dengan tujuan awalnya, penggunaan gold leaf hanya untuk mempercantik tampilan burger secara visual.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini